Sungai Cidurian di Bogor Meluap, Sejumlah Jembatan Putus

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 07 September 2021 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 338 2467479 sungai-cidurian-di-bogor-meluap-sejumlah-jembatan-putus-Q93aPiUiWP.jpg Foto: BPBD Bogor

BOGOR - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor membuat aliran Sungai Cidurian meluap pada Senin 6 September 2021. Akibatnya, empat kecamatan yang dilintasi sungai tersebut terdampak luapan air.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Budi Pranowo mengatakan, empat kecamatan yang terdampak luapan air yakni Jasinga, Cigudeg, Sukajaya dan Nanggung.

"Total ada 4 kecamatan terdampak luapan air Sungai Cidurian karena hujan deras kemarin," kata Budi dalam keterangannya, Selasa (7/9/2021).

Untuk Kecamatan Jasinga, wilayah terdampak berada di Desa Kalong Sawah. Di lokasi ini, tercatat 11 unit rumah warga terdampak, 1 unit rusak berat, 1 jembatan antar kampung putus, 1 tiang listrik terbawa arus sungai dan 1 pondok pesantren terdampak.

Baca juga: Hujan Deras, 2 Desa di Poliwali Mandar Terendam Banjir

"Ada 37 jiwa dan 50 santri yang terdampak. Korban mengungsi 2 KK dengan 7 jiwa," jelas Budi.

Kemudian, untuk Kecamatan Cigudeg jembatan penghubung antar kampung terputus. Sedangkan, di Kecamatan Sukajaya jembatan penghubung antar wilayah Kampung Urug dengan Kampung Nanggela juga terputus akibat luapan Sungai Cidurian.

"Di Sukajaya jembatan yang putus sepanjang 20 meter. Jembatan itu merupakan salah satu akses penghubung masyarakat setempat dan diperlukan penanganan oleh dinas terkait," ungkap Budi.

Terkahir, untuk Kecamatan Nanggung terdapat 3 jembatan antar kampung di Desa Malasari yang terputus diterjang air. Terdapat pula 10 rumah warga yang berada di bantaran Sungai Cidurian mengungsi.

"Tidak ada korban jiwa. Sekarang sudah surut," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini