Tinggal di Permukiman Kumuh, Pemulung Tanah Merah Tetap Taat Pakai Masker

Yohannes Tobing, Sindonews · Jum'at 10 September 2021 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 338 2469001 tinggal-di-permukiman-kumuh-pemulung-tanah-merah-tetap-taat-pakai-masker-bUUurwJNPA.jpg MNC Peduli berbagi masker. (Foto: Yohannes T)

JAKARTA - Menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat yang tinggal di permukiman pemulung di Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara. 

Selain tinggal wilayah yang padat. Di lokasi tersebut juga dipenuhi dengan barang-barang bekas hasil kumpul warga yang memang mata pencahariannya adalah pemulung.  

Namun hal ini tidak menjadi halangan bagi warga untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19. 

Salah satu warga yang menjadi relawan bernama Asih. Meskipun warga tinggal di daerah yang telihat kumuh dan padat, namun mereka tetap menjaga protokol kesehatan. 

"Selama ini masyarakat memang sudah ada yang peduli untuk memakai masker. Namun masih ada saja yang belum atau kedapatan tidak memakai masker," Kaya Asih kepada wartawan di lokasi, Kamis (9/9/2021). 

Melihat kondisi tersebut, MNC Peduli berkolaborasi dengan relawan setempat melakukan pengecekan ketiap rumah warga untuk memberikan masker sekaligus memberikan imbauan untuk disiplin terhadap prokes. 

Baca juga: Mobilitas Mulai Meningkat, Moeldoko: Jangan Sampai PPKM Darurat Diberlakukan Lagi!

"Saat ini kami (relawan setempat) mendapat bantuan masker dari MNC Peduli untuk warga Tanah Merah disekitar sini. Maka dari itu sekarang kita mau bagi bagi juga," ucap Asih. 

Salah satu warga yang menerima masker, Badriah mengaku senang setelah mendapat bantuan berupa masker yang diberikan oleh para relawan serta tim MNC Peduli.  

"Saya senang yah dapat masker ini, supaya Covid-19 tidak ada lagi. Harapan saya kedepan virus ini tidak ada dan semua bisa kembali berjalan seperti semula (kondisi normal)," Kata Badriah.  

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini