Detik-Detik Penangkapan Anggota Dewan Syuro Jamaah Islamiyah di Grogol

Dimas Choirul, MNC Media · Jum'at 10 September 2021 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 338 2469241 detik-detik-penangkapan-anggota-dewan-syuro-jamaah-islamiyah-di-grogol-XSKFS0h59H.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Seorang terduga teroris, SH ditangkap tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri di kediamannya di Jalan Kebon Pisang, Kelurahan Wijaya Kesuma, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (10/9/2021).

Ketua RT 4 setempat, Nurlaila membenarkan penangkapan itu. Penangkapan terhadap SH yang merupakan Dewan Syuro Jamaah Islamiyah (JI) terjadi pada pukul 9.30 WIB.

"Awalnya saya tidak tahu. Saya cuma dihubungi (petugas kepolisian) dia cuma ingin ke wilayah saya nyari warga atas nama ini (SH)," ujarnya saat ditemui wartawan.

Ia mengaku tak diberitahu alasan polisi mendatangi rumah warganya tersebut. Kendati demikian, saat ditangkap, SH dan keluarga tampak kooperatif.

"Aman-aman aja. Enggak ada sama sekali perlawanan dari pihak keluarga," tuturnya.

Baca juga: Satu Terduga Teroris JI Ditangkap di Grogol Jakbar

Nurlaila mengatakan, SH sudah tinggal lebih dari lima tahun di lingkungannya. SH juga dikenal baik di lingkungan masyarakat. Nurlaila juga memastikan tak ada gerak-gerik yang mecurigakan terhadap warganya itu.

Saat ditanya mengenai kelompok pengajiannya, Nurlaila mengatakan bahwa SH tak pernah mengikuti pengajian di lingkungannya. Namun, ia mengungkapkna bahwa SH pernah sesekali ikut pengajian di luar lingkungannya.

Baca juga: Densus 88 Tangkap Tiga Terduga Teroris JI di Bekasi dan Jakarta

"Mungkin dia punya jamaah. Di wilayah kami di RW 7 dia enggak aktif apa-apa cuma tinggal di istrinya," ungkapnya.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Mabes Polri meringkus tiga orang terduga teroris di wilayah Bekasi Utara, Jawa Barat dan Jakarta Barat.

Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Ahmad Ramdahan mengatakan, inisial ketiga orang terduga teroris itu yakni MEK, S dan SH.

MEK dan S diringkus di wilayah Harapan Jaya, Bekasi Utara. Sementara SH, ditangkap di Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Ia menyebut tiga orang terduga teroris ini merupakan kelompok jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI). "SH merupakan anggota dewan syuro JI," pungkasnya.

Baca juga:  Densus 88 Antiteror Tangkap 48 Terduga Teroris, DPR Sebut Cermin Keseriusan Polri Jaga NKRI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini