Terduga Teroris di Petamburan Ditangkap, Warga Sebut Aparat Sita Buku Jihad dan Terorisme

Dimas Choirul, MNC Media · Jum'at 10 September 2021 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 338 2469393 terduga-teroris-di-petamburan-ditangkap-warga-sebut-aparat-sita-buku-jihad-dan-terorisme-fsI4PKheFb.jpg Ilustrasi (Dok Okezone)

JAKARTA - Densus 88 Antiteror Polri menangkap seorang terduga teroris berinisial SH di wilayah Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (10/9/2021). Dalam penangkapan itu, aparat juga menyita sejumlah buku.

Ketua RW 07 Kelurahan Wijaya Kesuma, Dwi Purwono yang saat itu berada dekat lokasi penggerebekan mengaku, petugas membawa buku mengenai jihad dan teroris dari lokasi penangkapan tersebut.

"Ya macam-macam (bukunya), masalah agama, masalah perang jihad, masalah teroris segala macem pokoknya. Semua yang ada di sana buku diangkut. Ditemukan juga ya apa namanya samurai juga di sana," kata Dwi Purwono.

Ia menyebut, puluhan buku itu ikut dibawa oleh petugas kepolisian. Sementara, sebilah samurai tidak dibawa.

"Samurai tidak dibawa, ditemukan cuma dari tim Inafis (identifikasi dan analisis) tidak dibawa. Yang dibawa buku dokumen paspor terus surat dokumen ke luar negeri. Nah kita enggak tahu satu dokumen nih pokoknya kelihatannya," tutur Dwi.

"Alasannya dari tim Inafis enggak diperluin itu samurainya. Tidak diberkaitan, yang diperlukan buku-buku terkait jaringan," katanya.

Dwi mengatakan, saat petugas kepolisian melakukan penggerebekan, SH tampak terkejut lantaran saat itu tengah bersantai dengan keluarganya.

Kendati demikian, lanjut Dwi, SH dan keluarga terlihat kooperatif saat pihak kepolisian datang melakukan penggerebekan dan membawa SH ke Polda Metro Jaya.

"Artinya menerima walaupun tidak tahu nanti prosesnya seperti apa. Intinya dari pihak yang bersangkutan menyerahkan diri," ucapnya.

Dwi menyebut, SH tinggal bersama istri sambungnya sejak lima tahun silam. Ia mengaku tak ada gerak-gerik yang mencurigakan dari SH. "Pelaku sebenernya di lingkungan biasa aja. Beliau ini guru ngaji ya," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap tiga terduga teroris di wilayah Bekasi Utara, Jawa Barat dan Jakarta Barat, Jumat (10/9/2021).

Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Ahmad Ramdahan mengatakan, inisial ketiga orang terduga teroris itu yakni MEK, S dan SH.

MEK dan S diringkus di wilayah Harapan Jaya, Bekasi Utara. Sementara SH, ditangkap di Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat

Ia menyebut tiga orang terduga teroris ini merupakan kelompok jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI). "SH merupakan anggota dewan syuro JI," tuturnya.

Kendati demikian, Ramadhan tak menjelaskan rinci kronologis penangkapan para terduga teroris itu. Ia mengatakan, pihak Densus 88 saat ini masih melakukan pengembangan. "Nanti diupdate," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini