Dua Tahapan Crowd Free Night Akhir Pekan di Jakarta, Ini Penjelasannya

Carlos Roy Fajarta, · Sabtu 11 September 2021 01:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 11 338 2469623 dua-tahapan-crowd-free-night-akhir-pekan-di-jakarta-ini-penjelasannya-cp3Ge7wmxI.jpg Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo. (Foto: Carlos Roy)

JAKARTA - Sebanyak 580 personel gabungan dari TNI-Polri Dishub, Satpol PP dan pihak terkait lainnya dikerahkan dalam pelaksanaan Crowd Free Night Pembatasan Mobilitas Pada Masa PPKM Level III Di Wilayah Hukum Polda Metro Jaya.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebutkan, ada dua tahapan pelaksanaan operasi tersebut.

"Ada dua tahap yakni jam 22.00-24.00 penyekatan longgar, masyarakat masih bisa melintas, tidak berkonvoi, tidak menggunakan knalpot bising," ujar Sambodo, Jumat (10/9/2021).

Kemudian di tahap kedua yakni di atas pukul 00.00 WIB, pihak kepolisian dan petugas gabungan langsung melakukan penutupan ruas jalan di 4 kawasan Kemang, SBCD, Asia Afrika, dan Sudirman Thamrin.

"Pengecualian di tahap kedua setelah pukul 00.00 WIB hanya berlaku untuk penghuni hotel, darurat TNI, Polri, Ambulance, pemadam kebakaran," jelas Sambodo Purnomo Yogo.

Baca juga:  580 Personel Gabungan Polda Metro Gelar Crowd Free Night di 4 Lokasi

Pihak kepolisian disebutkan Sambodo melihat pemberlakuan Crowd Free Night di akhir pekan amat efektif untuk mengurangi kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan. 

"Minggu lalu pelaksanaan Crowd Free Night baru di Sudirman Thamrin. Hari ini kita tambah menjadi empat kawasan. Evaluasi dari pekan lalu sangat efektif, setelah jalan ditutupi dibarengi dengan patroli membubarkan kerumunan,” ucapnya. 

Pihaknya juga dalam Crowd Free Night mengimbau kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan. Satpol PP langsung memberikan tindakan kepada tempat yang melaksanakan operasional di luar jam operasional dan diluar ketentuan yang ada.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini