Mengunjungi Jakarta International Stadium, Stadion yang Hanya Miliki Dua Akses Masuk

Quadiliba Al-Farabi, MNC Media · Minggu 12 September 2021 00:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 12 338 2469927 mengunjungi-jakarta-international-stadium-stadion-yang-hanya-miliki-dua-akses-masuk-xj0TyDrumR.jpg Progres terkini pembangunan JIS (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Mimpi Warga DKI Jakarta yang ingin memiliki stadion sepak bola selangkah lagi menjadi nyata. Proyek pengerjaan Jakarta International Stadium (JIS) terus dikebut dan ditargetkan rampung pada Desember 2021 mendatang.

Stadion yang bakal menjadi kebanggaan Ibu Kota itu lagi-lagi menawarkan hal berbeda dibandingkan stadion pada umumnya. Perbedaan itu terletak pada akses masuk penonton ke dalam stadion.

Ya, bila pada stadion lain terdapat beberapa gerbang (gate) sebagai akses penonton menuju bangku di tribun, di JIS hal itu tak berlaku.

Akses stadion dengan konsep ramah lingkungan ini nantinya hanya akan dibagi kedalam dua jalur.

Jalur pertama berada di sisi timur stadion yang disebut sebagai Ramp Timur. Hal yang sama juga ada di bagian Barat Stadion.

Baca juga: Ditargetkan Anies Baswedan Rampung Desember 2021, Jakarta International Stadium Terus Bersolek

Ramp Timur akan terhubung tepat di belakang tribun timur stadion yang berkapasitas 82.000 penonton ini. Begitu pun di tribun barat yang juga menyatu dengan tribun VIP.

Lalu bagaimana bila penonton yang ingin ke tribun utara dan selatan? para penonton itu akan tetap harus melalui jalur yang sama, namun mereka akan berbaur lebih dulu di bagian concourse (pertemuan) stadion.

Baca juga: Dibuka Desember 2021, Ini Sederet Fasilitas di Jakarta International Stadium

Area concourse ini terdapat di lantai tiga stadion yang juga berada di ujung Ramp. Bagian ini akan mengitari stadion dengan 360 derajat sehingga penonton di tribun utara dan selatan bisa mengaksesnya.

Kelebihan dari dua akses ini adalah terintegrasi langsung dengan fasilitas angkutan umum. Rencananya, di Ramp Timur akan menyatu dengan stasiun KRL hingga LRT, sementara di Ramp Barat menyatu dengan jalur Busway.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau proyek pembangunan JIS pada Sabtu 11 September 2021. Anies yang mengenakan helm proyek warna putih serta rompi keselamatan warna hijau dengan logo JIS meninjau lapangan utama, lapangan latihan, hingga sejumlah area lain.

Penerapan akses ini diharapkan agar mengurangi pemakaian kendaraan pribadi bagi penonton untuk menuju stadion. Penonton akan lebih mudah jika menggunakan transportasi umum.

Baca juga: Kondisi Terkini Pembangunan Jakarta International Stadium, Lapangan Latihan Jadi Perhatian

"Mengingat program pemerintah untuk membatasi kendaraan pribadi, ditambah lagi ini merupakan stadion dengan kapasitas besar, sehingga lalu lintas sekitar stadion tidak terganggu bila ada pertandingan," ucap Project Manager JIS, Arry Wibowo saat ditemui di lokasi.

Adapun bagi penonton-penonton yang ingin menikmati pertandingan di tribun VIP dan VVIP, akan ada jalur khusus tersendiri. Jalur ini berada di lantai paling bawah stadion.

Baca juga: Pembangunan Jakarta International Stadium Disambut Antusias Rekan Setim Lionel Messi di PSG

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini