Share

Begini Cara JIS Cegah Suporter Masuk Lapangan dengan Tribun Tanpa Sekat

Quadiliba Al-Farabi, MNC Media · Minggu 12 September 2021 01:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 12 338 2469935 begini-cara-jis-cegah-suporter-masuk-lapangan-dengan-tribun-tanpa-sekat-HdQ6XLH0TH.jpg Rumput Stadion JIS (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Jakarta International Stadium (JIS) dirancang tanpa sekat di setiap tribunnya. Sehingga, terdapat kekhawatiran suporter atau penonton bisa masuk ke lapangan saat pertandingan.

Namun, hal tersebut sudah diantisipasi mengingat stadion berstandar internasional ini dibangun dengan konsep murni untuk pertandingan sepak bola.

JIS berbeda dengan stadion lainnya di Indonesia yang juga bisa jadi tempat untuk olahraga lain. Hal ini dibuktikan dari tidak adanya lintasan lari yang mengelilingi lapangan utama.

JIS selayaknya kebanyakan stadion di Eropa, tribun penonton langsung menempel dengan lapangan. Dengan begitu, diharapkan para suporter dapat merasakan sensasi menonton seperti di luar negeri. Bahkan interaksi pemain di lapangan dapat terdengar jelas oleh suporter maupun sebaliknya.

Baca juga: Ditargetkan Anies Baswedan Rampung Desember 2021, Jakarta International Stadium Terus Bersolek

Meski demikian, kekhawatiran masuknya penonton ke lapangan sudah dipikirkan dengan memberikan edukasi kepada setiap penonton nantinya.

"Ini tantangan buat kami ya, karena dengan dibangunnya JIS ini sekaligus pelan-pelan ingin memberikan edukasi kepada penonton yang teladan agar dapat tetap tertib," ujar Project Manager JIS, Arry Wibowo saat ditemui di JIS, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Baca juga: Dibuka Desember 2021, Ini Sederet Fasilitas di Jakarta International Stadium

Arry pun mengaku kekhawatiran itu sudah dipikirkan sejak jauh-jauh hari. Oleh sebab itu, pihaknya juga telah membangun suatu pembatas yang dapat dibuka-tutup agar penggemar tidak dengan mudah merangsek masuk.

"Nantinya di bagian bawah tribun atau tear 1 akan dilengkapi barrier nantinya dapat digunakan bisa dibuka-tutup agar penonton itu tidak serta merta bisa langsung melompat atau terjun ke lapangan untuk berbaur dengan pemain," ucap Arry.

Baca juga: Jakarta International Stadium Catat Rekor Dunia Konstruksi, Diklaim Mirip Markas Madrid

Saat ini belum terlihat seperti apa bentuk pembatas yang dimaksud. Akan tetapi, sudah tampak beberapa susunan beton yang berderet di area pinggir lapangan.

Arry pun berkata pembangunan lapangan utama JIS ini sudah mencapai 70 persen. Dengan ini, rencana akan dibuka dan diresmikan pada Desember 2021 diharapkan dapat terwujud.

Baca juga: Kondisi Terkini Pembangunan Jakarta International Stadium, Lapangan Latihan Jadi Perhatian

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini