Beraksi di Tambora, 2 Maling Motor Ditangkap Polisi

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Senin 13 September 2021 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 338 2470646 beraksi-di-tambora-2-maling-motor-ditangkap-polisi-hzxEQdiKBs.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dua pelaku pencuri nekat membawa sebuah motor di Jalan Gang Gerindo V RT 8 RW 4, Duri Selatan, Tambora, Jakarta Barat pada Jumat 10 September 2021. Kini, kedua pelaku berhasil diamankan Polsek Tambora.

Kapolsek Tambora Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Moh Faruk Rozi menuturkan pihaknya telah mengamankan 2 orang pemuda berinisial AT alias Ajat (32) dan HA alias AA (28) telah bersepakat melakukan aksi kejahatan dengan mengambil motor yang bukan miliknya.

"Kedua pemuda ini diamankan polisi setelah nekat membawa kabur motor dengan cara masuk ke rumah korban melalui jendela lalu mengambil kunci motor korban," ujar Faruk di Jakarta, Senin (13/9/2021).

Baca Juga:  Tikam Pencuri Besi, Penjaga Malam di Deliserdang Ditetapkan Tersangka

Kemudian, Faruk membeberkan kronologi kejadian berawal pada Kamis 9 September 2021 sekitar pukul 23.30 WIB. Kedua pelaku AT alias Ajat dan HA alias AA bertemu di sekitar Jalan Jamblang I, Jakarta Barat. Sambil memesan secangkir kopi dan berdiskusi beberapa saat kedua pelaku secara bersama membeli bensin motor di sekitar Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat.

Setelah membeli bensin kemudian pulang kembali menuju tempat nongkrong semula. Tak berlangsung lama didukung suasana gelap di sekitar lokasi tepatnya pada Jumat 10 September 2021 sekitar pukul 03.00 WIB, kedua pelaku melancarkan aksinya.

"Timbul niat pelaku AT als ajat (32) untuk melakukan kejahatan dengan cara memberanikan diri masuk ke gang dan masuk ke dalam rumah Hery lesmana (korban) melalui jendela depan yang dalam posisi terbuka," terangnya.

Baca Juga:  Lagi, Viral Aksi Pencurian Spion Mobil di Duri Kepa Jakbar

Seorang pelaku AT berhasil masuk ke dalam rumah korban dan mengambil sebuah kunci motor lalu bergegas keluar melalui jendela. Kemudian, AT bertemu AA langsung ke lokasi motor korban terparkir.

Kedua pelaku berusaha mendorong motor ke warung kopi tempat berdiskusi. Selanjutnya, mereka sepakat membawa motor tersebut ke wilayah Angke, Jakarta Barat untuk dijual atau digadai kepada seseorang yang dikenal. Kedua pelaku berhasil menggadaikan motor tersebut sebesar Rp500.000.

"Untuk hasil penjualan sepeda motor kemudian dibagi bersama, dimana AT als ajat (32) sendiri mendapatkan uang hasil penjualan sebesar Rp50.000 dan HA als AA (28) diberikan uang sebesar Rp100.000 dari AT als ajat (32)," ungkapnya.

Atas kejadian tersebut, korban Hery Lesmana kehilangan 1 unit kendaraan jenis Honda Beat. Lalu melaporkan ke Polsek Tambora dan langsung bergerak cepat mengumpulkan bukti dan keterangan saksi.

"Di lokasi kejadian kami menemukan informasi ada orang yang melihat kejadian tersebut dan mengenali salah satu pelaku yang mendorong motor milik korban," tuturnya.

Tak berlangsung lama, polisi berhasil mencokok kedua pelaku. Mereka juga mengakui perbuatannya. Kemudian, tim berhasil mengamankan AT als ajat (32) yang berprofesi sebagai pedagang yang tidak jauh dari lokasi kejadian dan mengamankan pelaku lainnya HA alias AA (28).

"Di hadapan penyidik pelaku mengakui atas perbuatannya," pungkasnya.

Atas perbuatannya kedua pelaku terancam Pasal 363 KUHP tentang pencurian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini