Polisi Periksa 25 Saksi Terkait Kebakaran Lapas Tangerang, Termasuk 7 Napi

Irfan Ma'ruf, iNews · Senin 13 September 2021 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 338 2470689 polisi-periksa-25-saksi-terkait-kebakaran-lapas-tangerang-termasuk-7-napi-tXdqEd5WCX.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus. (Foto : Dok Okezone)

JAKARTA - Pihak kepolisian memeriksa 25 orang saksi dalam peristiwa kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang, Banten. Dari 25 yang diperiksa 7 di antaranya warga binaan lapas yang berada di lokasi kejadian.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan, setelah menaikkan status peristiwa kebakaran yang terjadi di Lapas Kelas 1 Tangerang, penyidik maraton memeriksa sejumlah saksi. Hari ini sebanyak 25 saksi diperiksa di 2 lokasi, yaitu Polres Metro Tangerang dan Ditkrimum Polda Metro Jaya.

"Hari ini ada 20 yang dilakukan pemeriksaan tetapi ada tambahan sedikit dari warga binaan sehingga total semuanya hari ini kita lakukan pemeriksaan sekitar 25 di dua tempat," kata Yusri di Jakarta, Senin (13/9/2021).

Ia merincikan, dari 25 orang saksi, 12 pegawai Lapas dan 3 petugas PLN diperiksa di Polda Metro Jaya. Kemudian saksi yang diperiksa di Polres Metro Tangerang ialah 3 pegawai Damkar, dan 7 warga binaan.

"Ada tujuh warga binaan kita lakukan pemeriksaan di Mapolres Metro Tangerang karena yang bersangkutan adalah warga binaan dan lebih dekat dan lebih aman," tuturnya.

Baca Juga : WNA Portugal Korban Kebakaran Lapas Tangerang Bakal Dikremasi

Dia menyebut semua saksi hadir dalam pemeriksaan dan saat ini masih dalam pemeriksaan. Pemeriksaan sejumlah petugas pegawai Lapas karena para petugas tersebut merupakan pegawai yang bertugas piket.

"Menentukan siapa yang tersangka di sini, siapa yang alpa atau lalai sesuai di Pasal 188 KUHP Juncto 359 KUHP kelalaiannya seperti apa dan juga termasuk titik api berasal nanti kita lakukan pemeriksaan untuk teman-teman dari puslabfor," katanya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini