Waspada, Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Jakarta hingga 20 September

Dominique Hilvy Febiani, MNC Media · Selasa 14 September 2021 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 14 338 2471239 waspada-cuaca-ekstrem-berpotensi-terjadi-di-jakarta-hingga-20-september-PjeL2GupM5.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa terdapat potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir/angin kencang pada 13-20 September 2021. Cuaca ekstrem itu berpotensi terjadi di 27 provinsi, salah satunya DKI Jakarta.

Berdasarkan Prakiraan Cuaca Berbasis Dampak (IBF-Impact Based Forecast) BMKG, Jakarta berpotensi terdampak bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, dan/ atau tanah longsor dari cuaca ekstrem dengan level SIAGA.

Baca Juga: Waspada! BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem dan Gelombang Tinggi Sepekan ke Depan

Warga Ibu Kota diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan, salah satunya dengan membaca buku "Panduan Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir bagi Masyarakat" melalui link http://tiny.cc/bukusakusiagabanjir. Selain itu, dapat menghubungi 112 untuk layanan darurat untuk akses ketika menemukan keadaan darurat.

Pada aplikasi JAKI, masyarakat dapat memantau kondisi genangan/banjir di wilayah sekitarmu melalui fitur JakPantau. Kemudian, apabila menemukan genangan/banjir, bisa segera lapor melalui fitur JakLapor.

Dengan melapor, petugas akan menemukan titik genangan/banjir agar segera dapat ditindaklanjuti, serta laporan akan terintegrasi dengan JakPantau.

Baca Juga: BMKG: Waspada Gelombang Sangat Tinggi Hingga 6 Meter di Wilayah Ini

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini