Kapal Nelayan Terbalik di Perairan Pulau Damar, 1 Orang Meninggal Dunia

Jonathan Nalom, MNC Media · Selasa 14 September 2021 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 14 338 2471352 kapal-nelayan-terbalik-di-perairan-pulau-damar-1-orang-meninggal-dunia-fb3oLPicDT.jpeg Basarnas saat mengevakuasi korban selamat kapal terbalik (foto: ist)

JAKARTA - Sebuah Kapal Nelayan ‘Elang Laut’ dilaporkan terbalik di wilayah Perairan Pulau Damar, Kepulauan Seribu pada Selasa (14/09/2021) pagi. Diketahui kapal berpenumpang sebanyak 10 orang tersebut sedang melakukan perjalanan dari Pelabuhan Muara Angke untuk mencari ikan.

Saat itu Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melalui Vessel Traffic Service (VTS) kemudian menerima informasi adanya insiden tersebut dari Kapten KM Tanto Setia yang pada saat itu melintas di lokasi kejadian dan melihat korban selamat diatas kapal yang terbalik. Kemudian Basarnas langsung meluncurkan RIB 03 untuk melakukan proses evakuasi

“RIB 03 milik Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta kemudian diturunkan sekitar pukul 11.25WIB menuju lokasi kejadian dan langsung melakukan proses evakuasi terhadap 6 (enam) korban yang selamat,” tulis @kansar_jakarta dalam keterangan unggahan instagram, Selasa (14/09/2021)

Baca juga:  Breaking News: Kapal Cepat Terbalik di Tarakan, 5 Penumpang Tewas

Dihubungi terpisah, Danpos Basarnas Kepulauan Seribu, Darmawan menuturkan sampai saat ini proses pencarian kemudian masih dilakukan untuk menemukan sisa dari penumpang kapal tersebut. Lebih lanjut pada pukul sekitar pukul 17.00 WIB dia mendapatkan laporan bahwa kembali ditemukan adanya salah satu korban jiwa pada penumpang kapal tersebut.

“Terakhir tinggal tiga (korban yang dicari) tadi ditemukan oleh Pol Air Polres Kepulauan Seribu tadi jam lima lah, nah sekarang kalau ga salah tinggal tiga,” ujar Danpos Basarnas Kepulauan Seribu, Darmawan ketika dihubungi MNC Portal Indonesia.

Baca juga:  Tiga Awak Hilang Setelah Tabrakan Kapal Kargo dan Kapal Tanker Jepang

“Korban jiwa baru satu karena masih dalam pencarian, terakhir yang ditemukan dari teman-teman Polri, itu meninggal.” sambungnya.

Namun, saat ini belum diketahui siapa korban yang meninggal yang dilaporkan tersebut. Menurutnya, penemuan korban tersebut belum diidentifikasi karena hanya menggunakan kaos oblong.

“Belum diketahui identitasnya, karena yang ditemukan hanya memakai kaos oblong saja.” tandasnya.

Untuk diketahui, Unsur SAR yang bergabung dalam Operasi SAR hari ini terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, KSOP Muara Angke, Kapal Tanto Setia, Kapal Pancaran Integrity, dan Nelayan sekitar. Adapun nama-nama korban selamat yakni, Ale (34), Cecep (18), Mulyana (31), Gito (39), Danial Manuate (25) dan Muhammad Kadiman (24).

Sementara, korban yang masih dalam pencarian yakni, Abdul Malik (20), Adam (19), Arif (27), dan Agus (19).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini