Skimming ATM, 2 WNA Asal Rusia dan Belanda Ditangkap Polisi

Erfan Maaruf, iNews · Rabu 15 September 2021 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 338 2471795 skimming-atm-2-wna-asal-rusia-dan-belanda-ditangkap-polisi-y5LrqI7dBK.jpg Polda Metro Jaya menangkap pelaku skimming ATM (Foto: Erfan Maaruf)

JAKARTA - Penyidik Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimum) Polda Metro Jaya menangkap tiga orang sindikat penguras uang milik nasabah bank BUMN dengan modus skimming. Dari tiga orang yang ditangkap dua merupakan warna negara asing (WNA), Belanda dan Rusia.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, dua tersangka WNA tersebut ialah FK WNA Rusia, RG WNA Belanda, dan satu lagi ialah RW warga Indonesia. Dari pengakuan tersangka FK, satu tahun berada di Indonesia dengan berprofesi sebagai guide tour sementara RG 4 bulan diajak oleh FK.

"Korbannya adalah bank BUMN. Terdapat beberapa nasabah yang menyanggah telah melakukan transaksi. Setelah melakukan pengecekan melalui CCTV ternyata orang lain yang mengambil setelah dilakukan melakukan pendalaman berhasil kita amankan dua orang awalanya satu Rusia satu Belanda," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga:  Bobol ATM di Bali dan Lombok, Bule Bulgaria Diringkus Polisi

Ketiga orang tersangka tersebut merupakan sindikat yang berada pada posisi paling bawah. Ketiganya bertugas mengambil ATM dan melakukan transfer dengan dipotong oleh sindikat atasannya yang saat ini masih dalam pengejaran alias DPO.

"Modusnya mereka menggunakan blank card yang sudah diisi data nasabah yang didapat dari link di atasnya melalui link Tokyo1880. Ini kita masih DPO," jelasnya.

Tersangka diperintahkan oleh akun Tokyo1880 untuk melakukan tarik dan transfer. Kami sangkakan Pasal 30 Ayat (2) UU ITE, Pasal 6 ancaman 7 tahun penjara Pasal 32 juncto Pasal 48 ancaman 4 tahun penjara dan Pasal 36 dan Pasal 38 juncto Pasal 51 lapis ada beberapa Pasal UU ITE dan Pasal 363 KUHP dan 236 KUHP.

Baca Juga: Polisi Tangkap Warga Bulgaria Pelaku Skimming di Bali

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini