Atap Ruang Kelas SD Negeri di Dekat Istana Bogor Ambruk

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Kamis 16 September 2021 16:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 338 2472464 atap-ruang-kelas-sd-negeri-di-dekat-istana-bogor-ambruk-IFKeL74RhU.jpg Bangunan SDN Otista, Bogor ambruk (Foto: Putra R)

BOGOR - Atap ruang kelas di SDN Otista, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat ambruk. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut.

Pantauan MNC Portal, terlihat ruang kelas di sekolah yang dekat Istana Bogor itu sudah ambruk pada bagian atapnya. Serpihan genting dan patahan kayu-kayu penyangga pun nampak porak poranda di dalam ruang kelas.

Baca Juga:  Jembatan di Bantul Ambruk, Warga Terpaksa Memutar 1 Kilometer

Terlihat, petugas BPBD sedang memotong bagian kayu penyangga yang masih tersisa. Hal itu dilakukan agar tidak merembet ke bangunan lainnya.

Plt Kepala Sekolah SDN Otista Siti Meisafah mengatakan bahwa kejadian ambruknya atap ruang kelas itu terjadi sekira pukul 11.48 WIB. Terdengar suara gemuruh sebelum atap tersebut ambruk.

"Ada suara gemuruh ketika kami lihat ada ruangan kelas yang roboh," kata Meisafah, Kamis (16/9/2021).

Ia menambahkan, bahwa ruang kelas tersebur sebenarnya sudah diajukan untuk perbaikan ke Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor. Karena, kondisi ruang kelas itu memang sudah lapuk termakan usia.

"Kami sudah memang sering kordinasi dengan Kasie Dinas Pendidikan. Ada satu ruangan berat ini juga sebelahnya mulai dan ke sananya saya lihat juga memang sudah harus diperbaiki. Kondisinya memang sudah lapuk. Memang ini setelah masuk saya Plt bulan April saya sudah tanggap dan ketika saya lihat kurang layak tidak digunakan lagi," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor Hanafi mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi lebih lanjut kepada Pemkot Bogor.

"Yang jelas kita langsung melakukan perbaikan, tentu ada prosedur. Kepala sekolah melaporkan kejadian seperti apa. Saya melaporkan secara berjenjang ke Wali Kota, kemudian berkoordinasi dengan TAPD Sekda Kota Bogor untuk ditindaklanjuti," ucap Hanafi.

Baca Juga:  Jembatan Gantung Penghubung Desa di Musi Rawas Ambruk

Hanafi mengaku, sebenarnya SDN Otistia yang berada tak jauh dari Istana Kepresidenan Bogor ini sudah dianggarkan untuk perbaikan pada tahun 2022.

"Sebetulnya SDN Otista ini 2022 sudah dianggarkan. Tetapi sifatnya hanya perbaikan atap, karena di survei oleh bagian Sarpras hanya bagian atap sehingga angkanya tidak besar," ungkap Hanafi.

Dengan adanya kejadian ini, pihaknya pun akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) terkait perbaikan. Hal ini juga menjadi catatan dalam persiapan jelang pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Bogor.

"Tidak menutup kemungkinan beberapa sekolah masih ada yang seperti ini. Tapi mudah-mudahan tidak lah, karena menjelang PTM ini mudah-mudahan semuanya bisa berjalan kondusif," tutupnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini