83 Napi Korban Kebakaran Lapas Tangerang Ikuti Trauma Healing

Hasan Kurniawan, Okezone · Kamis 16 September 2021 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 338 2472491 83-napi-korban-kebakaran-lapas-tangerang-ikuti-trauma-healing-zHueOVOHNs.jpg Lapas Tangerang pasca-terbakar (Foto : dok Polda Metro Jaya)

TANGERANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, menggelar trauma healing kepada 83 narapidana Blok C2 Lapas Pemuda (LP) Kelas 1 Tangerang, Rabu 8 September 2021.

Kepala Bidang P2P Dinkes Kota Tangerang, dr Indri Bevy mengatakan, program trauma healing ini digelar sejak Selasa 14 September 2021, hingga Jumat 17 September 2021.

"Trauma healing saat ini difokuskan pada para napi, dan nanti dilanjutkan ke petugas yang bertugas saat kejadian," kata Indri kepada wartawan, Kamis (16/9/2021).

Baca juga:  Hari Ini, Polisi Periksa 10 Saksi Terkait Kebakaran Lapas Tangerang

Dilanjutkan dia, dalam kegiatan ini pihaknya bekerjasama dengan RSUD Kota Tangerang dan Himpunan Psikolog Indonesia (HIMPSI). Kegiatan ini juga melibatkan seluruh narapidana Blok C, korban kebakaran lapas.

"Pelayanan kesehatan jiwa ini diikuti puluhan narapidana, khususnya napi blok C, yang mengalami langsung kejadian yang menewaskan 49 narapidana," sambungnya.

Baca juga:  14 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang yang Teridentifikasi Diserahkan ke Keluarga

Dilanjutkan dia, sebelum melakukan trauma healing, Tim Dinkes sudah turun untuk melakukan pendekatan, penenangan dan pendalaman terkait sejauh apa gangguan psikis atau mental yang diderita narapidana.

"Sebelumnya Tim Dinkes telah menyebarkan kuesioner dengan 29 poin pertanyaan. Setelah itu, baru ditentukan mereka butuh penanganan psikiater atau psikolog, sesuai dengan status traumanya," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini