Pacu Semangat Atlet PON, Pemprov DKI Siapkan Kejutan Mencapai Rp140 Miliar

Komaruddin Bagja, Sindonews · Kamis 16 September 2021 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 338 2472498 pacu-semangat-atlet-pon-pemprov-dki-siapkan-kejutan-mencapai-rp140-miliar-idCOWzirtf.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas kontingen ke PON XX Papua (Foto: Komaruddin Bagja)

JAKARTA - Kadispora DKI Jakarta Achmad Firdaus menjelaskan, dalam ajang Pekan Olahraga Nasional XX (PON) Papua, Provinsi DKI Jakarta menargetkan kembali menjadi juara umum.

"Target kita, kita ingin merebut kembali gelar juara umum yang kemarin direbut provinsi lain. Mudah-mudahan dengan persiapan yang sudah dilaksanakan bisa meraih juara umum," kata Achmad kepada wartawan, Kamis (16/9/2021).

Baca Juga:  Gubernur Anies Tegaskan Anak Buahnya Dilarang Melakukan Kekerasan dan Pelecehan Seksual

Untuk memacu prestasi para atlet yang berlaga, Pemprov DKI telah menyiapkan sejumlah kejutan.

"Kita ini ada apresiasi kepada mereka yang berprestasi, maupun ikut kegiatan PON. Jadi bagi yang ikut pasti akan mendapat apresiasi, termasuk mereka yang dapat prestasi di medali emas, perak, dan perunggu," tambahnya.

Bahkan, untuk atlet yang tidak berhasil mendapatkan medali, Pemprov DKI menyiapkan dana apresiasi.

"Pemprov DKI siapkan kurang lebih hampir Rp140 miliar. Ini untuk apresiasi saja. Untuk kegiatan pengiriman kontingen, Pemprov DKI memberikan hibah kepada KONI DKI sekitar Rp410 miliar," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, secara simbolis melepas keberangkatan Kontingen DKI Jakarta yang terdiri dari para atlet, pelatih, serta official menuju kompetisi Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 di Papua, pada 2-15 Oktober 2021 mendatang, di Balai Kota Jakarta, Rabu 15 September 2021.

Baca Juga:  Capaian Vaksinasi Covid-19 di DKI Jakarta Sudah 113%

Anies mengatakan, bahwa semangat untuk merebut kembali juara umum harus dibawa oleh kontingen DKI Jakarta, mengingat pada PON XIX Jabar 2016, tim Ibu Kota hanya meraih peringkat ketiga dari perolehan jumlah medali. Padahal, pada kompetisi sebelumnya di Riau, Jakarta sukses meraih juara umum.

"Kalau kita melihat statistiknya, perolehan DKI Jakarta di tahun-tahun sebelumnya, kita biasa berada di papan atas, hanya 2016 saja kita kemarin belum juara umum. Bahkan, pada tahun 2012 kita mampu meraihnya. Insya Allah, pada PON kali ini, kita akan berhasil kembali sebagai juara umum. Hal ini karena, DKI Jakarta dari 20 kali PON, Jakarta 11 kali mampu raih juara umum, dan Insya Allah, habis ini 12 kali juara umum," ujar Anies di Jakarta, Rabu 15 September.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini