Cerita Napi Lapas Tangerang, Mimpi Didatangi Temannya yang Tewas Terpanggang

Hasan Kurniawan, Okezone · Jum'at 17 September 2021 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 338 2472755 cerita-napi-lapas-tangerang-mimpi-didatangi-temannya-yang-tewas-terpanggang-d7Tz9IfX83.jpg Kebakaran Lapas Tangerang (Foto: Polda Metro Jaya)

TANGERANG - Narapidana Lapas Tangerang banyak yang mengalami rasa cemas dan sulit tidur, pasca-kebakaran hebat yang menewaskan 49 orang, di Blok C2 lapas tersebut. Mereka pun harus melakukan trauma healing.

Hal ini terungkap dari hasil kuesioner yang dilakukan oleh Tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, terhadap para napi. Dalam kuesioner itu, terungkap bahwa peristiwa kebakaran menimbulkan trauma mendalam.

Baca Juga:  83 Napi Korban Kebakaran Lapas Tangerang Ikuti Trauma Healing

Kabid Pelayanan Medis dan Keperawatan, RSUD Kota Tangerang, dr Amir Ali mengungkapkan, pihaknya pun melakukan trauma healing kepada para narapidana itu.

"Maka, pada trauma healing ini belasan dokter psikiater dan psikolog diturunkan. Melakukan trapi kejiawaan dan trapi pengobatan. Sejauh ini belum ada yang naik tahap rujukan," katanya, Jumat (17/9/2021).

Dilanjutkan dia, proses terapi dilakukan secara person to person, sehingga sampai saat ini baru sekitar 83 napi yang ditangani.

"Angka ini masih akan terus bertambah. Jika trauma healing seperti ini tidak dilakukan, tidak menutup kemungkinan, para napi dapat mengalami kecemasan yang lebih dalam atau depresi yang mendalam," sambungnya.

Setelah trauma healing selesai, tahap selanjutnya akan dilakukan terapi rutin oleh dokter Kemenkumham.

"Kami Dinkes dan pihak RSUD bersiap untuk kesiapan obat-obatan dan menerima napi yang sekiranya membutuhkan penanganan rujukan yang lebih mendalam," paparnya.

Sementara itu, salah seorang napi berinisial P mengatakan, pasca-kejadian dirinya lebih susah tidur, dan cukup sering teringat-ingat sederet kejadian kebakaran pada malam itu.

"Cukup butuh juga penanganan dokter seperti ini. Seperti tadi kan ditanya, apa yang dirasa, keluhannya apa, dan apa yang mengganggu. Jadi buat saya butuh, supaya saya bisa mengungkapkan perasaan saya," ungkapnya.

Baca Juga:  Hari Ini, Polisi Periksa 10 Saksi Terkait Kebakaran Lapas Tangerang

Hal senada diungkapkan napi kasus narkoba berinisial H yang mengaku pasca-kejadian cukup mengalami trauma. Terlebih, salah satu korban meninggal adalah temannya, hingga merasa memimpikan korban mendatanginya.

"Mungkin karena saya merasa kepikiran dan selalu mengingat-ngingat dia. Jadi saya merasa dia datang ke saya. Tapi kalau sekarang, yang saya lebih ke ingin suasana yang ramai, tidak mau sepi," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini