Disdik: 7 Bangunan SD di Kota Bogor Alami Kerusakan

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Jum'at 17 September 2021 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 338 2473121 disdik-7-bangunan-sd-di-kota-bogor-alami-kerusakan-WcnR1TblN1.jpg Foto: Istimewa

BOGOR - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor mencatat terdapat sebanyak 7 bangunan sekolah dasar (SD) yang mengalami kerusakan. Rata-rata, kerusakan tersebut dikarenakan sudah lapuk termakan usia.

"Iya rata-rata kemakan usia," kata Kadisdik Kota Bogor Hanafi, kepada wartawan, Jumat (17/9/2021).

Hanafi menyebut, pihaknya belum dapat merinci klasifikasi kerusakan tersebut apakah masuk kategori ringan, sedang atau berat. Tetapi, kerusakan sekolah yang terjadi mayoritas pada bagian atapnya.

"Kalau kita keliling lagi mungkin menemukan lagi dengan bervariasi kerusakannya," jelasnya.

Sejauh ini, kata dia, beberapa bangunan sekolah dasar yang rusak itu sudah pada anggaran perbaikan tahun 2022. Namun, juga yang belum dianggarkan.

"Ada yang sudah (dianggarkan) ternyata di tahun 2022, ada juga yang belum," ungkap Hanafi.

Baca juga: Kapan Sekolah Tatap Muka di Kota Bogor Digelar? Ini Jawaban Disdik

Untuk anggaran Disdik Kota Bogor pada tahun 2022 sangat terbatas dimana yang telah disetujui sebesar Rp30 miliar. Jumlah itu termasuk pembangunan Sekolah Satu Atap yang mencapai Rp 13 miliar.

"Refocusing tidak ada sekarang. Akibat dari Covid-19 (2020-2021) kemarin kemampuan keuangan kita terbatas. Tahun 2022 berjalan seperti biasa, tapi angka kemampuan anggarannya terbatas," tutupnya.

Baca juga: Kejari Geledah Kantor Disdik Bogor Terkait Korupsi Dana BOS

Seperti diketahui, dua atap ruang kelas yang berada di SDN Otista, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor ambruk pada Kamis 16 September 2021. Diduga, ambruknya atap bagunan karena termakan usia.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian tersebut. Dinas Pendidikan Kota Bogor sedianya sudah menganggarkan untuk perbaikan atap ruang kelas sekolah itu tahun 2022.

Baca juga: Ancaman Bom, Sekolah dan Pusat Olahraga Ditutup dan Dievakuasi

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini