Wagub Ariza: Ganjil-Genap Ancol dan TMII Kurangi Mobilitas Warga

Komaruddin Bagja, Sindonews · Jum'at 17 September 2021 21:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 338 2473132 wagub-ariza-ganjil-genap-ancol-dan-tmii-kurangi-mobilitas-warga-7TkeKozZeE.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengatakan kebijakan nomor kendaraan ganjil-genap di Kawasan Ancol dan TMII bertujuan untuk mengurangi penumpukan lalu lintas dari kerumunan pengunjung destinasi wisata tersebut.

"Ganjil genap kan sudah diatur dalam rangka mengurangi mobilitas warga supaya tidak terjadi penumpukan dan interaksi," kata Ariza di Gedung Balai Kota, Jakarta, Jumat (17/9/2021).

Adapun sistem ganjil-genap (gage) diharapkan mampu menekan potensi terjadinya kerumunan.

Ketentuan itu diberlakukan oleh Polda Metro Jaya setiap hari pada pukul 12.00-18.00 WIB dan tidak berlaku untuk kendaraan roda dua.

Baca juga: Vaksinasi di Rumah Ibadah, Wagub DKI: Agama Mengajarkan Hidup Sehat & Bersih

"Itu semua dimaksudkan untuk mengurangi orang berkumpul atau kerumunan sehingga kita lebih baik lagi menerapkan protokol kesehatan," kata Riza.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan sistem ganjil-genap diberlakukan dengan sistem penyekatan di akses masuk kawasan wisata.

Baca juga: Ganjil Genap Diberlakukan di Jalur Puncak, Exit Tol Ciawi Padat

"Contoh di Ancol, di Gerbang Barat sebelum masuk ke Gerbang Ancol maupun di Gerbang Timur itu putaran keluaran tol yang mau ke arah PRJ kemayoran itu yang kita batasi," kata Sambodo.

Sementara itu, penyekatan di kawasan TMII dilakukan di akses masuk, bukan dari Tamini Square.

Sambodo mengatakan jajarannya tidak memberlakukan sanksi tilang dalam sistem ganjil-genap di kawasan wisata.

Baca juga: Ganjil Genap di TMII, Pintu Masuk Dijaga Ketat Polisi

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini