Berakhir Oktober, Bekasi Evaluasi Kerjasama TPST Bantargebang dengan Jakarta

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Senin 20 September 2021 06:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 338 2473823 berakhir-oktober-bekasi-evaluasi-kerjasama-tpst-bantargebang-dengan-jakarta-TxkfdKRXYX.jpg TPST Bantargebang (foto: dok Okezone)

BEKASI - Pemerintah Kota Bekasi mengevaluasi kontrak kerjasama Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang di Kelurahan Sumur Batu, Kota Bekasi. Pasalnya, kontak kerjasama kedua pemerintah berakhir Oktober 2021. TPST Bantargebang merupakan lokasi tempat pembuangan sampah terpadu milik DKI Jakarta.

”Kita tengah evaluasi kerja sama karena kalau enggak salah bulan Oktober habis kontrak kerjasama antara Kota Bekasi dengan DKI Jakarta,” ujar Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi di RSD Stadion Patriot Candrabhaga, Senin (20/9/2021). Untuk itu, Pemprov DKI bisa membuat program khusus penanganan sampah di TPST Bantargebang.

Baca juga:  Senyum Sumringah Pemulung dan Warga Bantargebang Jelang Lebaran

Rahmat mengharapkan, ada langkah strategis yang dapat mengubah pembuangan sampah itu menjadi energi baru terbarukan. Hal itu bisa memberikan multiplier effect sekaligus mengurangi deposit sampah. Misalnya, pembuangan sampah terpadu yang menggunakan energi terbaru seperti sampah menjadi listrik, menjadi bahan batu briket bara dan mengurangi deposit sampah.

Saat ini, kata dia, pembuangan sampah yang ada, masih menggunakan metode yang lama. Yakni open dumping dan landfill. Cara yang cukup mudah, namun jika tidak ditangani segera bisa memicu masalah baru yang lebih besar. Bahkan, gunungan sampah di TPST Bantargebang sudah nyaris melebihi kapasitas.

Baca juga:  Gunung Sampah Bantargebang Makin Tinggi Namun DKI Klaim Volume Berkurang

Untuk itu, Pemerintah Kota Bekasi akan mengevaluasi Kerjasama terkait pembahasan tentang Kerjasama antara kedua pemerintah.

”Karena setiap 5 tahun sekali harus ada evaluasi terkait perjanjian Kerjasama di TPST Bantargebang, nanti hasil evaluasinya kita bahas antara kedua pemerintah,” tegasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini