Layanan Online Catatan Sipil di Bekasi Ditutup Sepekan

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Selasa 21 September 2021 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 21 338 2474767 layanan-online-catatan-sipil-di-bekasi-ditutup-sepekan-HbOx89IGHo.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

BEKASI - Pelayanan catatan sipil secara online di wilayah Kabupaten Bekasi terpaksa tidak bisa digunakan warga selama sepekan kedepan. Hal itu terjadi setelah jaringan internet di Pemerintah Kabupaten Bekasi sedang maintenance. Alhasil, pelayanan kependudukan bisa dilakukan secara offline atau tatap muka.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bekasi, Hudaya mengatakan, pemerintah setempat memastikan tetap bisa melayani masyarakat untuk pengurusan dokumen walaupun jaringan sedang maintenance.

”Pelayanan tidak bisa dilakukan selama sepekan kedepan, sedang ada perbaikan jaringan,” katanya, Selasa (21/9/2021).

Baca juga:  PTM Lancar, Pemkot Bekasi Akan Tambah Jumlah Siswa dan Jam Pelajaran Sekolah

Menurut dia, offlinenya jaringan kependudukan selama sepekan kedepan lantaran pengelola jaringan yakni Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik sedang melakukan perawatan jaringan internet di seluruh kantor pemerintahan di Kabupaten Bekasi.

”Hanya Jum’at dan Senin kemarin tidak ada pelayanan, mulai hari ini pelayanan secara offline,” ucapnya.

Baca juga:  Dugem hingga Tengah Malam, Ratusan Pengunjung Dibubarkan

Hudaya memastikan untuk masyarakat yang ingin mengurus dokumen seperti e-KTP, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga dan lainnya masih tetap dilayani walaupun membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

”Tetapi untuk masyarakat yang sudah datang kemarin tetap berkasnya dilayani tetapi pelayannnya mungkin sedikit memerlukan waktu lebih lama,” ungkapnya.

Meski begitu, untuk pelayanan dengan menggunakan aplikasi WhatsApp masih berjalan normal.

”Cuma untuk layanan online (yang sementara terganggu), karena itu menggunakan sarana dari Kominfo langsung ke internet publik, itu untuk sementara ini kita off tapi bukan berarti tidak melayani, kan layanan melalui WA (WhatsApp) tetap berjalan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Bekasi, Joaharul Alam mengatakan permohonan maafnya karena sedang ada peningkatan jaringan di lingkup Pemkab Bekasi yang mengharuskan tindakan maintenance.

”Jaringan sedang dilakukan maintenance selama satu Minggu. Mohon maaf atas gangguan yang terjadi,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini