Palsukan Sertifikat Vaksin Covid-19, Pria di Bekasi Ditangkap

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Selasa 21 September 2021 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 21 338 2474784 palsukan-sertifikat-vaksin-covid-19-pria-di-bekasi-ditangkap-rse3V6Q6jb.jpg Seorang pria ditangkap karena palsukan sertifikat vaksin (Foto : Abdullah Surjaya)

BEKASI - Petugas Polsek Pondok Gede membongkar pemalsuan surat atau dokumen sertifikat vaksin Covid-19 di Jalan Pos Tiga, RT 03 RW 05 No 101, Kelurahan Jatimurni, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi. Dalam kasus ini, tersangka Doddy Herlambang ditangkap petugas.

Kapolsek Pondok Gede Kompol Puji Hardi mengatakan, pelaku ditangkap pada Jumat (17/09) sekira pukul 22.00 WIB. Kasus ini terungkap setelah petugas mendapatkan laporan dari masyarakat mengenai penjualan kartu vaksin Covid-19 palsu.

“Berbekal laporan itu kami melakukan penyelidikan dan berhasil mengungkap pelakunya,” katanya.

Sebelum mengamankan tersangka, petugas berpura-pura menjadi pembeli. Ternyata benar, tersangka menjual kartu vaksin palsu.

Puji menerangkan, dalam menjalankan aksinya, pelaku mempromosikannya melalui grup WhatsApp. "Jika ada pembeli pelaku langsung buatkan dengan cara bermodalkan kertas PCV, Selanjutnya pelaku buat barcode kartu vaksin palsu di laptop,” ucapnya.

Baca Juga : Polda Jabar Bongkar Sindikat Sertifikat Vaksin Covid-19 Palsu, 4 Orang Diringkus

Puji mengungkapkan, tersangka mengenakan tarif Rp50 ribu untuk masyarakat yang belum divaksin dan belum memiliki sertifikat. Sedangkan untuk masyarakat yang sudah punya sertifikat atau sudah dilakukan vaksinasi, dikenakan biaya Rp25 ribu.

Dalam kasus ini, barang bukti yang diamankan petugas di antaranya delapan kartu vaksin palsu berbentuk ID Card dan kertas PVC 15 lembar, 2 laptop, printer, alat pemotong kertas dan setrika. Pelaku dikenakan Pasal 263 KUHP dengan ancaman maksimal selama 6 tahun penjara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini