5 Fakta Cuaca Ekstrem Terjang Depok, Hujan Es hingga Atap Rumah Terbang

Tim Okezone, Okezone · Rabu 22 September 2021 07:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 338 2474974 5-fakta-cuaca-ekstrem-terjang-depok-hujan-es-hingga-atap-rumah-terbang-nzgz8b8Cl6.jpeg Atap rumah warga terbang dibawa angin. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Cuaca ekstrem melanda Depok kemarin, Selasa 21 September 2021. Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan pohon tumbang dan beberapa papam reklame berterbangan. Tak hanya itu, hujan es juga sempat terjadi. 

Berikut sejumlah fakta cuaca ekstrem di Depok, sebagai berikut:

1. Hujan Es

Hujan es di kawasan Depok diketahui setelah salah satu netizen menangkap momen di mana hujan yang turun disertai es. 

Berdasarkan unggahan Instagram @yoga.dwisgnd yang diposting kembali oleh infodepok_id, tampak netizen menangkap kejadian hujan yang disertai es. Bahkan suara turunnya hujan terlihat lebih nyaring pada unggahan tersebut. Kemudian, warganet pun sempat mengarahkan kamera pada jatuhan es tersebut.

“Beji ujan es luar,” ujarnya.

Baca juga: Hujan Deras di Depok, Plafon Rumah Warga Ambrol

2. Pohon Tumbang

Hujan deras disertai angin kencang juga mengakibatkan banyak pohon tumbang. Paling parah adalah pohon tumbang di jalur Stasin Depok. 

Akibatnya, perjalanan penumpang KRL Commuter Line jurusan Jakarta Kota-Bogor terganggu sejak Selasa sore.

Akun Twitter KAI Commuter Indonesia @CommuterLine menginformasikan, saat proses evakuasi pohon tumbang, KRL jurusan Jakarta Kota-Bogor hanya bisa sampai Stasiun Depok.

Sedangkan kereta Bogor-Angke berjalan di jalur kiri antara Stasiun Citayam-Depok.

3. Atap Rumah Terbang

Cuaca esktrem di Depok juga mengakibatkan atap rumah dari baja ringan berukuran besar terbang ke jalan hingga mengakibatkan kemacetan. 

Peristiwa tersebut terjadi di sekitar Jalan Raya Sawangan, Kecamatan Mampang, Depok. Sebuah atap baja ringan berukuran sekitar 6x12 meter terbang dari atas bangunan lantai dua dan jatuh di tengah-tengah jalan.

Akibat jatuhnya baja ringan berukuran jumbo di tengah jalan tersebut, pengendara tidak dapat melintasi jalan. Kemacetan Panjang terjadi akibat peristiwa tersebut. 

Kemacetan akibat peristiwa tersebut terjadi kemacetan panjang dari dua arah di Jalan Raya Sawangan sekitar Mapolsek Pancoran Mas. Kemacetan diperkirakan mencapai 3 kilometer.

4. Papan Reklame Roboh

Tiga papan reklame di wilayah Depok juga tumbang dterjang angin kencang. Salah satu papan reklame yang roboh tersebut adalah papan reklame RS Hermina, Depok.

"Reklame 2 roboh. Di Margonda dan depan Kantor Kecamatan Sukmajaya," kata Kabid Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Damkar Kota Depok, Denny Romulo, saat dihubungi, Selasa. 

Kemudian dari data yang diterima MNC Portal, papan reklame RS Hermina Depok juga roboh. Papan tersebut roboh akibat angin kencang dan hujan deras.

5. Gedung Pemkot Juga Terdampak

Kerusakan fasiltas umum juga terjadi di Kota Depok. Denny Romulo mengatakan, Gedung Baleka II Kota Depok mengalami kerusakan.

"(Kerusakan) itu terjadi di Baleka Kota Depok di lingkungan Pemkot Depok," kata Denny. 

Dari video yang diterima MNC Portal, hujan disertai angin kencang yang terjadi tadi sore mengakibatkan kerusakan di beberapa sisi gedung.

Terlihat di bagian lobi gedung, keramik di terlepas dan berserakan. Kemudian daun jendela lantai tiga gedung tersebut merusak. 

(qlh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini