Berbulan-bulan Melaut, Akhirnya Nelayan di Muara Angke Bisa Disuntik Vaksin

Yohannes Tobing, Sindonews · Rabu 22 September 2021 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 338 2475330 berbulan-bulan-melaut-akhirnya-nelayan-di-muara-angke-bisa-disuntik-vaksin-GyzHkg7nYS.jpg Nelayan Muara Angke saat Divaksin (foto: ist)

JAKARTA - Sejumlah nelayan yang baru bersandar di Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara mengikuti serbuan vaksin Covid-19 yang digelar Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, para nelayan mengaku sebelumnya memang tidak mau divaksin hingga akhirnya mau memberanikan diri divaksin karena persoalan peraturan.

Baca juga:  Jokowi Segera Kirim Vaksin jika Stok di Daerah Habis

Seperti yang dirasakan oleh nelayan bernama Yusuf (24). Dirinya mengaku bersedia divaksin karena ingin segera kembali ke kampung halamannya.

"Saya mau pulang kampung harus ada surat vaksin. Kalau sudah ada bukti vaksin enak mau ke mana-mana juga bisa," ucap Yusuf.

Baca juga:  Kapolri Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Acara Puncak Vaksinasi di IPB

Yusuf bercerita jika dirinya sudah empat bulan berada di tengah laut untuk mencari ikan. Ia pun akan kembali menjalani vaksinasi tahap kedua tiga bulan mendatang.

Hal serupa juga dirasakan oleh nelayan, Arsa Putra (64). Dirinya mengaku baru sempat mengikuti vaksinasi tahap pertama karena baru tiba di daratan setelah enam bulan melaut.

"Biasa-biasa aja enggak ada gejala, ini vaksin pertama. Saya kan hidupnya di laut kadang lima bulan enam bulan baru mendarat," ungkap Arsa.

Arsa menyebut, selain untuk membekali imun tubuhnya, alasan dirinya ingin divaksin juga karena vaksinasi menjadi syarat terbaru bagi para nelayan untuk mencari ikan di lautan.

"Karena saya pikir bagus juga untuk mencegah penyebaran Covid-19. Lagian sekarang mau berlayar syaratnya juga harus divaksin," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini