Polda Metro Segera Tetapkan Tersangka Baru Kasus Kebakaran Lapas Tangerang

Erfan Maaruf, iNews · Jum'at 24 September 2021 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 338 2476160 polda-metro-segera-tetapkan-tersangka-baru-kasus-kebakaran-lapas-tangerang-ir9cfbuZE9.jpg Lapas Tangerang kebakaran (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Penyidik Polda Metro Jaya akan kembali melakukan gelar perkara untuk menetapkan tersangka kasus kebakaran Lapas Klas I Tangerang setelah sebelumnya ditetapkan tiga orang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, gelar perkara kasus kebakaran Lapas Klas 1 Tangerang yang hendak dibuka fokus pada dua Pasal yakni Pasal 187 dan 188 KUHP.

"Rencana tindak lanjut ke depan sekitar Jumat malam atau hari Sabtu nanti kita akan gelar perkara lagi dari penyidik. Karena nantinya akan ada tersangka baru," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jumat (24/9/2021).

Gelar perkara untuk membuka dua Pasal tersebut merupakan tindak lanjut dari Pasal 359 tentang kelalaian yang mengakibatkan meninggalnya seseorang. Pada Pasal 359 tersebut penyidik telah menetapkan tiga tersangka yakni RU, S dan Y.

Baca Juga : Belum Dinonaktifkan, 3 Tersangka Kebakaran Lapas Tangerang Masih Bekerja Seperti Biasa

Baca Juga : Polisi Segera Gelar Perkara Penerapan Tersangka Penganiayaan Kece

Sebelumnya, Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat mengatakan dalam menetapkan tersangka telah mengatongi tiga alat bukti yakni keterangan saksi, keterangan ahli dan surat dokumen salah satunya CCTV.

"Surat dokumen salah satunya dokumen CCTV disitu menentukan jam berapa mulai aksi mulai kebakaran, posisi para petugas lapas CCTV alat bukti ya. Ada 8 titik CCTV yang kita ambil melalui proses penyitaan sesuai aturan dalam KUHP," kata Tubagus Ade Hidayat, Senin 20 September 2021.

Sementara, tiga tersangka kebakaran Lapas Tangerang, RU, S, dan Y, masih belum dinonaktifkan. Ketiganya diketahui masih bekerja seperti biasa di Lapas Kelas I Tangerang.

Hal ini dibenarkan Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) wilayah Banten, Agus Toyib. Katanya, pertimbangan penonaktifkan ketiga tersangka kewenangan Plh Kapalas Kelas I Tangerang, Nirhono Jatmokoadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini