Kota Bogor Kini Punya Kampung Tangguh Anti Narkoba

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Jum'at 24 September 2021 19:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 338 2476500 kota-bogor-kini-punya-kampung-tangguh-anti-narkoba-kZUGMYsdGv.jpg Foto: MPI/Putra Ramadhani.

BOGOR - Polresta Bogor Kota resmi membentuk Kampung Tangguh Anti Narkoba di wilayah RW 01, Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Kampung tangguh ini dibentuk agar mencegah peredaran narkoba di lingkungan masyarakat.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo mengatakan pihaknya mengapresiasi semua warga Kelurahan Cikaret yang antusias menjadi pilot projek dalam pembentukan kampung tangguh ini.

BACA JUGA: Bangun Kampung Tangguh Lintas Agama, GMRI Gelar Vaksinasi untuk Lansia 

"Semoga pencanangan ini menjadi inspirasi bagi semua warga Kota Bogor dalam ikhtiar kita untuk menjaga, untuk melindungi warga kita dari terpapar narkoba, inilah saatnya untuk kita semuanya warga Kota Bogor untuk bangkit, untuk berlari melawan narkoba," kata Susatyo, Jumat (24/9/2021).

Saat ini, lanjut Susatyo, rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan banyak yang diisi oleh tahanan kasus narkoba. Karena itu, kunci dari pencegahan pengendaliannya berada dari lingkungan sekitar.

"Kata kuncinya adalah bagaimana kita bisa mengelola lingkungan karena narkoba itu mulai dikenal mulai dicoba coba itu adalah pada tataran lingkungan. Sehingga bagi kami menangkap narkoba itu bukan suatu kebanggaan tapi sebuah beban, bagaimana itu bisa sama seperti virus kalau satu orang dia sebagai pengguna maka setidaknya 5 temannya dalam grup yang sama, dalam teman dekat yang sama bisa jadi itu ikut-ikutan menjadi korban," ungkapnya.

BACA JUGA: Pelajar SMK Janjian Tawuran, Keburu Disergap Polisi saat Tunggu Lawan

Dengan begitu, kampung tangguh ini diharapkan bisa mencegah peredaran narkoba paling tidak dari yang terdekat seperti keluarga dan lingkungan sekitar.

"Sehingga kami berharap agar melalui launching ini semua warga Kota Bogor bisa produktif tanpa narkoba, dan juga disaksikan bahwa seni mural juga bisa membawa sisi positif, memberikan imbauan-imbauan kepada masyarakat sehingga ketika masuk ke kampung ini aura kita semuanya bahwa kampung ini adalah dewan dari masyarakat," harap Susatyo.

Sementara itu Kasat Narkoba Polresta Bogor Kota Kompol Agus Susanto mengatakan langkah-langkah yang telah dilaksanakan dalam pembentukan Kampung Tangguh Anti Narkoba yaitu dimulai dengan penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya narkoba terhadap pemuda-pemudi serta orang tua

Kemudian, dibuat gapura sebagai simbol dan pembuatan gambar atau lukisan mural yang berisikan himbauan tentang bahaya narkoba disepanjang lebih dari 100 meter ditembok menuju kampung tersebut.

"Kami juga memberikan pelatihan kepada Resident atau mantan pengguna narkoba pelatihan pembuatan tas dan sepatu di home Industri yang ada di lingkungan RW 01 Kelurahan Cikaret," ucap Agus.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengucapkan terima kasih kepada Polresta Bogor Kota yang telah mendukung jajaran Forkompinda dalam mencegah peredaran narkoba.

"Mudah-mudahan ini juga bisa dilaksanakan di tempat yang lain, di kelurahan yang lain menginspirasi kelurahan yang lain untuk juga menjadikan wilayahnya kampungnya bebas narkoba," harap Dedie.

Untuk diketahui, dalam peresmian Kampung Tangguh Anti Narkoba juga dihadiri oleh Direktur Reserse Narkoba Polda Jawa Barat Kombes Pol Rudy Ahmad Sudrajat, Kabid Humas Polda Jawa Barat Erdi A. Chaniago dan jajaran Forkompimda Kota Bogor.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini