Buru Azis Syamsuddin, KPK Libatkan Satgas Covid-19

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Jum'at 24 September 2021 19:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 338 2476506 buru-azis-syamsuddin-kpk-libatkan-satgas-covid-19-UKdnssNJBz.jpg

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri menegaskan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan pencarian terhadap Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin pada Jumat (24/9/2021) malam ini. Firli mengungkapkan, dalam pencarian itu tim penyidik juga diikuti tim satuan tugas penanganan Covid-19.

"Mengingat saat ini pandemic Covid masih menjadi keprihatinan kita maka tentu kami mengikutsertakan tim Covid-19 utk memastikan kondisi beliau," jelasnya.

BACA JUGA: Breaking News: KPK Cari Keberadaan Azis Syamsuddin

"Kami mentaati protkes Covid-19 dan junjung tinggi HAM," tambahnya.

Sebelumnya, KPK meminta Azis bersikap kooperatif terkait pemanggilan pemeriksaan pada perkara Lampung Tengah.

Sedianya Azis bakal diperiksa pada hari ini, Jumat, 24 September. Namun, yang bersangkutan meminta penjadwalan ulang dengan alasan sedang isolasi mandiri (isoman).

BACA JUGA: Jumat Keramat, Azis Syamsuddin Tak Berada di Rumah Dinasnya

"Kami berharap kondisi saudara AZ baik sehingga memungkinkan untuk bisa memenuhi panggilan KPK. Kami mengingatkan yang bersangkutan kooperatif agar proses hukum penanganan perkara ini

tidak berlarut-larut," ujar Plt Juru bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat.

Ali menjelaskan saat ini pihaknya masih mengumpulkan barang bukti dan keterangan dari beberapa pihak terkait perkara tersebut.

"Hingga kini KPK masih terus focus mengumpulkan bukti dan keterangan dari para pihak yang kami yakini dapat membuat konstruksi perkara ini semakin terang," jelasnya.

Sebelumnya, KPK membenarkan bahwa pihaknya memanggil Azis Syamsuddin terkait perkara di Lampung Tengah.

"Hari ini KPK seyogyanya benar memanggil dan memeriksa saudara AZ untuk dimintai keterangannya. Namun kami tunggu hingga sore ini, yang bersangkutan tidak hadir," kata Ali.

Ali menyebut pihaknya telah menerima surat permintaan penundaan jadwal dari Azis dengan alasan yang bersangkutan tidak dapat hadir dikarenakan sedang isolasi mandiri (isoman).

"Sebelumnya KPK telah menerima surat permintaan penundaan jadwal pemeriksaannya, karena yang bersangkutan sedang menjalani isoman setelah mengaku berinteraksi dengan seseorang yang dinyatakan positif Covid-19," ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini