Anak Nia Daniaty Dilaporkan Dugaan Penipuan CPNS, Total Korban 225 Orang

Tim Okezone, Okezone · Minggu 26 September 2021 05:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 26 338 2476924 anak-nia-daniaty-dilaporkan-dugaan-penipuan-cpns-total-korban-225-orang-OW2hZUedAw.jpg Anak Nia Daniyati dilaporkan ke polisi (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Anak penyanyi Nia Daniaty, Olivia Nathalia dan suaminya Rafly Noviyanto dilaporkan ke polisi atas dugaan tindak pidana penipuan masuk CPNS.

Total korban diperkirakan mencapai 225 orang. Para korban dijanjikan bisa lolos PNS tanpa mengikuti tes.

"Total korban ada 225 orang," kata pengacara pihak korban, Odie Hodianto, Minggu (26/9/2021).

Kedua terlapor diduga melakukan penipuan dengan kedok penawaran posisi PNS di beberapa tempat lembaga. Namun terlapor meminta memberikan syarat pembayaran bisa sejumlah uang.

"Terlapornya inisialnya Oi dan Raf, Oi adalah anak penyanyi lawas dengan inisial ND," ujar Odie Hudianto.

Setelah para korban membayar, kedua terlapor ini mengirimkan surat keterangan (SK) palsu terkait pengangkatan jabatan PNS yang mengatasnamakan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Baca juga: Anak Nia Daniaty Dilaporkan ke Polisi Kasus Penipuan

"Modusnya dengan cara bujuk rayu, ngiming-imingi dia punya link di BKN sehingga semua korban diminta untuk menyerahkan uang ke Oi. Setelah uang diserahkan, Oi menyerahkan surat pengangkatan dan SK yang dikeluarkan BKN, kita cek ternyata tidak sah, tidak ada SK tersebut," imbuhnya.

Baca juga: PNS WFO Lagi, yang Sudah Divaksin Wajib ke Kantor

Para korban menyetor uang, setiap orang menyetor mulai dari yang terkecil Rp25 juta dan yang terbesar Rp150 juta. Dari 225 korban tidak ada satu pun yang terwujud bekerja sebagai PNS di bidang yang dijanjikan. Sementara, nilai kerugian yang akibat penipuan ini ditaksir mencapai Rp9,7 miliar.

"Kerugiannya Rp9,7 miliar," terang Odie.

Baca juga: Tegas! Begini Nasib PNS yang Terjerat Kasus Hukum

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini