Dinas SDA DKI Jakarta Gerebek Lumpur di Kali BKN Cilincing

Jonathan Nalom, MNC Media · Senin 27 September 2021 05:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 338 2477263 dinas-sda-dki-jakarta-gerebek-lumpur-di-kali-bkn-cilincing-bdawolNxp7.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta melakukan kegiatan Gerebek Lumpur sebagai persiapan menghadapi musim penghujan. Gerebek Lumpur dilakukan untuk menormalisasi fungsi kali yang terganggu akibat lumpur, sampah dan tanaman air.

“Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta tengah bersiap menghadapi musim penghujan. Sebagai persiapan menghadapi musim penghujan di seluruh wilayah DKI Jakarta, Dinas Sumber Daya Air mengadakan kegiatan Gerebek Lumpur,” tulis @dinas_sda dalam keterangan unggahan instagramnya dikutip Senin (27/09/2021).

Berdasarkan unggahan foto @dinas_sda terlihat puluhan petugas dikerahkan untuk membersihkan kali tersebut. Mereka terlihat melakukan gotong royong mulai dari pinggir kali hingga ke tengah kali.

Baca juga: Anies Ungkap Lokasi Gerebek Lumpur untuk Antisipasi Banjir DKI Jakarta

Sementara, terdapat alat berat yang juga diturunkan. Terpantau, alat tersebut untuk mengeruk lumpur-lumpur yang menumpuk di pinggir kali.

“Terdiri dari satgas Sumber Daya Air (SDA), Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air, Pertamanan dan Hutan Kota, kegiatan diikuti sejumlah elemen masyarakat hingga stakeholder,” tulisnya.

Baca juga: Pemprov DKI Andalkan Program Gerebek Lumpur Atasi Banjir

Diketahui wilayah Gerebek Lumpur akan dilakukan di Kali Kawasan Berikat Nusantara (KBN), Cilincing, Jakarta Utara. Adapun rangkaian gerebek lumpur secara total yang akan dikerjakan yakni sepanjang 1.737 meter

“Satgas menormalisasi kali yang sebelumnya dipenuhi lumpur, sampah, dan tanaman air eceng gondok menggunakan alat berat beckhoe amphibi dan manual,” ungkapnya.

“Dengan begitu, diharapkan aliran air kali kembali berfungsi normal sehingga tidak menyebabkan luapan yang berdampak genangan di KBN maupun pemukiman warga. Kegiatan ini juga ada di tingkat kelurahan dan kecamatan dan sudah dikerjakan sejak musim panas kemarin.” tutup keterangan tersebut.

Baca juga: Banjir Jakarta, Anies Sebut Program Gerebek Lumpur Menunjukkan Hasil Positif

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini