Share

Apes, Usai Menjambret Pria Ini Ditangkap Polisi

Indra Purnomo, MNC Portal · Kamis 30 September 2021 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 338 2479404 apes-usai-menjambret-pria-ini-ditangkap-polisi-4b76yW73rm.jpg Penjambret Tambora, bebek saat ditangkap polisi (foto: ist)

JAKARTA - Usai berusaha melakukan aksi menjambret di jalan Pejagalan Raya, Pekojan, Tambora, Jakarta Barat, seorang pria berinisial AK alias Bebek (28) terjaring operasi kring serse yang digelar oleh Polsek Tambora di Jalan Kali Besar depan Hotel Mercure, Tambora, Jakarta Barat, Minggu 26 September 2021.

Kapolsek Tambora Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Moh Faruk Rozi menyebutkan, pihaknya berhasil mengamankan seorang pelaku spesialis jambret yang kerap beraksi di wilayah Tambora Jakarta Barat saat melaksanakan operasi kring serse di wilayah yang rawan terjadinya potensi kejahatan.

"AK alias Bebek (28) berhasil diamankan oleh anggota buser saat operasi kring serse," ujar Faruk saat dikonfirmasi, Kamis (30/9/2021).

Baca juga:  Korban Jambret di Gajah Mada Jakbar Ternyata Staf Kementerian

Faruk menjelaskan, penangkapan tersebut bermula berdasarkan hasil evaluasi bahwa di wilayah hukum Polsek Tambora khususnya di Jalan Kali Besar, Kelurahan Roa Malaka, sering terjadi aksi kejahatan jalanan.

Kemudian, memerintahkan kepada anggota buser untuk melakukan operasi kring serse antisipasi kejahatan jalanan pada jam rawan keamanan keteriban masyarakat (kamtibmas).

Baca juga:  Kalungnya Dijambret saat Belanja Sayur di Ciputat, Korban : Itu Hadiah dari Anak

Selanjutnya pada saat pelaksanaan Minggu, 26 September 2021 sekira jam 07.40 WIB di sekitar Jalan Kali Besar depan Hotel Mercure, Aggota Buser Reskrim dan Narkoba melihat adanya pengendara dalam keadaan berboncengan sepeda motor Scoopy warna merah, tanpa plat dengan gerak gerik yang mencurigakan.

Dengan kecurigaannya kemudian petugas buser Polsek Tambora mengikuti hingga sekitar Jalan Kali Besar Timur, dimana beberapa saat untuk pelaku diduga berbuat melakukan jambret kepada sasaran korban, namun tidak berhasil mendapatkan hasil dan melarikan diri mengendarai sepeda motor. Dan beberapa saat kemudian di sekitar Jalan Tiang Bendera pelaku terjatuh dari sepeda motornya.

"Saat itu anggota buser Polsek Tambora berhasil mengamankan laki laki bernama saudara AK alias Bebek namun untuk rekannya bernama SL berhasil kabur melarikan diri," kata Faruk.

Setelah berhasil mengamankan pelaku, Faruk mengatakan pihaknya mengamankan AK ke Mako Polsek Tambora untuk dilakukan introgasi.

"Dari hasil interogasi pelaku saudara AK alias Bebek sebelumnya telah mengakui sudah sering melakukan jambret bersama rekannya yang telah kabur melarikan diri di wilayah hukum Tambora," ucap Faruk.

Kepada polisi, AK juga mengakui bahwa dirinya beberapa hari yang lalu tepat pada hari Sabtu, 18 September 2021 sekira pukul 06.00 WIB, telah melakukan jambret bersama dengan tiga temannya, yakni berinisial SL dan IG. Sementara SL dan IG saat ini berstatus daftar pencarian orang (DPO). Saat ini pelaku dikenai Pasal 365 KUHP.

"Pelaku dan rekan-rekannya yang masih kami lakukan pencarian kerap melakukan aksi penjambretan," kata Faruk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini