Anak Buah Salah Terapkan Pasal Tilang, Dirlantas Polda Metro Minta Maaf

Erfan Maaruf, iNews · Kamis 30 September 2021 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 338 2479536 anak-buah-salah-terapkan-pasal-tilang-dirlantas-polda-metro-minta-maaf-hv5SOA2aCy.jpg Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo meminta maaf atas kesalahan anggotanya yang melakukan penilangan kepada pengendara mobil membawa sepeda. Dia mengakui anggotanya salah menerapkan pasal dalam kasus tersebut.

Sambodo mengatakan, akan mengingatkan pemahaman anggota di lapangan sehingga tidak kembali salah menerapkan pasal saat melakukan tilang. Dia juga akan memberikan sanksi pada anggota yang telah salah.

"Kami mewakili Direktorat Lalu Lintas meminta maaf dan akan mengingatkan kembali petugas di lapangan, khususnya terhadap petugas tersebut dan akan kita berikan sanksi sesuai kesalahannya," kata Sambodo dalam keterangan tertulis, Kamis (30/9/2021).

Baca juga:  Goda Wanita yang Ditilang, Polantas di Tangerang Diperiksa Propam

Sambodo menilai anggota tersebut telah salah dalam menerapkan pasal saat menilang. Dalam konteks tersebut anggota menilang pengemudi mobil pribadi dengan pasal terkait angkutan umum yang melebihi muatan yang dapat membahayakan keselamatan.

"Kami sampaikan bahwa anggota tersebut 'salah' dalam menerapkan Pasal 307 menjelaskan tentang kendaraan bermotor angkutan umum barang, yang membawa barang melebihi dimensi angkutan dan dapat membahayakan keselamatan," kata Sambodo.

Baca juga:  Viral Puluhan Pengendara Masuk Jalur Busway Kena Tilang Massal , Warganet: Panik Gak?

Dalam konteks tersebut seharusnya anggota tersebut menerapkan Pasal 283 UU Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ). Apabila barang yang diangkut ke mobil penumpang itu dapat mengganggu konsentrasi pengemudi yang dapat membahayakan keselamatan.

"Seharusnya menggunakan pasal 283: 'Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dipengaruhi suatu keadaan dapat mengganggu konsentrasi berkendara' (apabila barang yang ada di dalam kendaraan cukup besar sehingga mengganggu pandangan dan berpotensi membahayakan)," pungkasnya.

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial memperlihatkan anggota polisi lalu lintas (Polantas) yang menilang pengemudi mobil lantaran membawa muatan sepeda di Jalan Perimeter, Kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Peristiwa itu diunggah akun @ganangab di media sosial Twiteer hingga viral. Anggota menilang pengemudi tersebut karena melanggar Pasal 307 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini