Ada Perbaikan Pipa Bocor, Besok 45 Kelurahan di Kota Bogor Terdampak Pasokan Air

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Minggu 03 Oktober 2021 21:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 03 338 2480699 ada-perbaikan-pipa-bocor-besok-45-kelurahan-di-kota-bogor-terdampak-pasokan-air-tdDdHKEQkP.jpg Ilustrasi (Foto : Livestrong)

BOGOR - Sebanyak 45 kelurahan di Kota Bogor akan terdampak penghentian sementara pasokan air karena ada perbaikan kebocoran pipa tranmisi air bersih 1.000 milimeter jalur Intake Ciherang Pondok-IPA Dekeng pada Senin 4 Oktober 2021. Masyarakat terdampak diminta untuk menampung air sejak dini.

Dirut Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Rino Indira Gusniawan mengatakan kebocoran pipa itu berada di proyek rel ganda Bogor-Sukabumi, Kelurahan Gunung Gadung, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

"Hari Kamis kemarin, kami dapat laporan ada genangan air di sekitar proyek rel ganda. Kami curigai dari pipa transmisi kami sebesar 1.000 milimeter," kata Rino, kepada wartawan, Minggu (3/10/2021).

Saat dilakukan pengecekan oleh petugas, terdapat indikasi kebocoran pipa tranmisi air baku 1.000 milimeter jalur Intake Ciherang Pondok-IPA Dekeng. Dari situ, langsung dilakukan rencana perbaikan yang akan dimulai pada Senin 4 Oktober 2021.

"Kami siapkan tenaga, karena tidak bisa menggali dengan alat berat atau beko. Kami menurunkan 15 pekerja untuk menggali sejak Jumat dan Sabtu. Jadi nanti tinggal melakukan penutupan," jelasnya.

Rino mengatakan pihaknya akan menekan seminimal mungkin dampak dari perbaikan ini. Kemungkinan, pasokan air mulai terhenti sementara pada siang hari.

"Karena itu kita memilih waktu perbaikan Senin dengan estimasi perbaikan 12 jam. Saat perbaikan, kemungkinan pipa akan ditutup pada pukul 05.00 WIB, mungkin air berhenti pada Senin siang," tuturnya.

Baca Juga : Dampak Musim Kemarau, Warga Ngawi Kesulitan Air Bersih

Hingga kini, Perumda Tirta Pakuan juga masih terus berkoordinasi dengan kontraktor proyek rel ganda untuk membahas kebocoran pipa tersebut. Pasalnya, ada sekitar 70 ribu pelanggan dari 45 kelurahan di Kota Bogor yang akan terdampak pasokan air.

"Memang kondisinya pipa selalu menjadi korban, karena pipa tidak terlihat dipermukaan. Jangankan di proyek rel ganda banyak yang bocor karena proyek infrastuktur di Kota Bogor. Karena ini jumlah pelanggan terganggu sekitar 70 ribu, tapi kami persingkat waktu terganggunya," harap Rino.

Sementara itu, Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Ardani Yusuf mengatakan dampak perbaikan pipa bocor tersebut akan menyebabkan beberapa jam air tak mengalir. Sebagai antisipasi, akan disiapkan 14 mobil tangki untuk melayani pelanggan terdampak dan masyarakat diminta menampung air bersih sejak dini.

"Pengisian tangki yang disiapkan di Perumahan Bogor Lakeside, Jalan Pandu dan Siliwangi," ucap Ardani.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini