Kantor Desa Bojong Koneng Dirusak Massa, Polisi: Ada yang Provokasi

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Senin 04 Oktober 2021 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 338 2481013 kantor-desa-bojong-koneng-dirusak-massa-polisi-ada-yang-provokasi-iYubScTmBh.jpg Kapolres Bogor AKBP Harun (Foto: Putra R)

BOGOR - Polres Bogor membenarkan adanya kasus perusakan Kantor Desa Bojong Koneng di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat oleh sejumlah orang. Kasus perusakan tersebut masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut.

Kapolres Bogor AKPB Harun mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Sabtu 2 Oktober 2021. Ada sekitar 50 orang datang ke Kantor Desa Bojong Koneng.

"Bahwa benar terjadi perusakan di Kantor Desa Bojong Koneng pada tanggal 2 Oktober. Kurang lebih ada 50 orang datang ke kantor desa, ada beberapa orang yang memprovokasi masyarakat sehingga terjadi perusakan," kata Harun, Senin (4/10/2021).

Baca Juga: Komnas HAM Dorong Polisi Ungkap Aktor Intelektual Perusakan Rumah Ibadah Ahmadiyah

Perusakan itu, lanjut Harun, diawali ketika pihak PT Sentul City sedang melakukan pengolahan lahan miliknya. Diduga, ada beberapa orang melakukan provokasi dengan berunjuk rasa di Kantor Desa Bojong Koneng dan berbuntut perusakan.

"Ini diawali adanya pihak Sentul City yang mau melaksanakan pengolahan lahannya. Jadi lahan yang sudah dikuasai dan benar lahan Sentul City mau dilakukan pengolahan lahan di Bojong Koneng. Namun, ada beberapa warga yang bukan dari daerah tersebut melakukan provokasi terhadap massa melaksanakan demo atau unjuk rasa terhadap pengolahan lahan yang dilakukan Sentul city sehingga kemudian orang yang memprovokasi mengarahkan ke kantor desa dan terjadi perusakan," bebernya.

Saat ini, tambah Harun, pihaknya masih melakukan proses penyelidikan lebih lanjut terkait kasus tersebut dan memeriksa beberapa orang saksi.

"Kita sudah ada beberapa saksi, dari kejadian kemarin sudah kita lakukan proses penyelidikan kita masih penyelidikan Insya Allah nanti kita perjelas lebih lanjut kasus ini. Untuk tersangka belum kita pastikan, sementara masih penyelidikan," tutup Harun.

Baca Juga: 297 Kali Beraksi, Pelaku Pelemparan Kaca Truk Akhirnya Ditangkap Polda Jateng

Sebelumnya, Kantor Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor dirusak oleh sejumlah orang pada Sabtu 2 Oktober 2021 lalu. Perusakan itu diduga buntut dari sengkarut lahan milik PT Sentul City dengan beberapa pihak.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini