Share

Gelar Upacara HUT ke-76 TNI, Jalanan di Sekitar Istana Sepi

Indra Purnomo, MNC Portal · Selasa 05 Oktober 2021 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 338 2481349 gelar-upacara-hut-ke-76-tni-jalanan-di-sekitar-istana-sepi-dj906vHR58.jpg Situasi terkini di dekat Istana Kepresidenan Jakarta (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-76 pada hari ini, Selasa (5/10/2021).

Dalam peringatan HUT kali ini, TNI juga menggelar pameran sebanyak 112 alutsista di sekitar Istana Merdeka, tepatnya di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Merdeka Selatan, dan Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Beberapa jenis alutsista yang ditampilkan yaitu dua unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personel Carrier, 2 unit Rantis Bushmaster.

Kemudian ada juga 19 unit P6 Atav, 24 unit kendaraan Rudal Mistral, 2 unit BTR 4, 1 unit Aligator, 2 unit APC Turangga, 5 unit MLRS (RM 70 Vampire dan Tatrapan), 2 unit Orlikon Skyshield, 4 unit MLRS Astros dan 6 unit Armed Caesar 155 MM.

Baca juga: Pesan Prabowo dalam HUT ke-76 TNI: Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang!

Berdasarkan pantauan di lokasi, tampak sejumlah kendaraan Rudal Mistral dipamerkan di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat. Terlihat pula para petugas sedang berjaga.

Di sekitar lokasi upacara perayaan HUT ke-76 TNI ini pun terlihat sepi. Jalanan di kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta itu tampak tak ada aktivitas warga yang bisa melintasi lokasi. 

Baca juga: Polda Metro Jaya: Selamat HUT ke-76 TNI, Kita Pasti Menang!

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Petugas juga akan menutup jalan saat pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-76 TNI di lokasi. "Nanti kalau ada masyarakat boleh foto-foto di sini," kata petugas itu.

"Estimasi pukul 08.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB nanti akan ada pelaksanaan upacara. Nanti kalau sudah mulai akan ditutup Jalan Medan Merdeka Barat ini," sambungnya.

Adapun gelar alutsista tersebut merupakan bentuk perwujudan kekuatan TNI saat ini dan juga sebagai laporan kepada Presiden RI serta masyarakat bahwa anggaran yang diberikan pemerintah kepada TNI salah satunya digunakan sebagai pengadaan kebutuhan alutsista untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari gangguan, hambatan, ancaman, dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia.

Baca juga: Tonggak Sejarah Lahirnya TNI sebagai Alat Pertahanan Negara

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini