Pemprov DKI Jakarta Ingatkan Warga soal Pengelolaan Sampah Obat Kedaluarsa

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Minggu 10 Oktober 2021 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 10 338 2484107 pemprov-dki-jakarta-ingatkan-warga-soal-pengelolaan-sampah-obat-kedaluarsa-3WrRHqg16f.JPG Infografis pengelolaan sampah medis (Foto: @dkijakarta)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (LH) mengingatkan warga cara pemilahan dan pengumpulan sampah B3 medis termasuk obat kadaluarsa. Tak lain dengan tujuan lingkungan sehat dan tidak tercemar.

"Yuk, ikut terlibat kelola obat kedaluwarsa mulai dari rumah!. Pemilahan dan pengumpulan sampah B3 ini perlu dilakukan biar lingkungan kita tetap sehat, dan nggak tercemar," tulis akun Instagram @dkijakarta dikutip, Minggu (10/10/2021).

Pertama, warga melakukan pemilihan obat kadaluarsa. Kedua, obat kadaluarsa dikemas dengan wadah tertutup berupa amplop atau kantong plastik dan lain lain. Ketiga, diberi tanda 'obat kadaluarsa' pada wadah tersebut.

Keempat, pengangkutan obat-obatan kadaluarsa akan dilakukan oleh petugas kebersihan atau dapat di masukan pada tong sampah pilah berwarna 'merah' di sekitar rumah. Kelima, petugas kebersihan mengumpulkan sampah obat-obatan kadaluarsa dari rumah tangga maka sampah tersebut akan dibawa ke lokasi atau dipo yang sudah ditentukan sebagai lokasi pengumpulan.

"Keenam setelah dikumpulkan di lokasi atau dipo yang sudah ditentukan, selanjutnya obat-obatan kadaluarsa tersebut akan diangkut dan dimusnahakan oleh pihak ketiga yang memiliki izin," tutupnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini