Bidan yang Lecehkan Ibu Hamil Masih Bekerja dan Dapat Pembinaan

Komaruddin Bagja, Sindonews · Kamis 14 Oktober 2021 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 338 2486053 bidan-yang-lecehkan-ibu-hamil-masih-bekerja-dan-dapat-pembinaan-EeHsi06dBa.jpg (Foto : NPR)

JAKARTA - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, oknum Bidan Puskesmas Tambora, Jakarta Barat yang lecehkan ibu hamil telah jalani pemeriksaan dan mendapat pembinaan.

Widyastuti menjelaskan, apa yang dilakukan sang bidan telah sesuai prosedur pemeriksaan yang ada.

"Tentu kami pembinaan tetap kami lakukan, dalam arti semua tim bahwa klien adalah konsumen yang harus diberikan pelayanan terbaik," kata Widyastuti di Jakarta, Kamis (14/10/2021).

Ia menambahkan, oknum Bidan itupun saat ini masih bekerja seperti biasa. "Ya semua bidan harus bekerja. Kalau tidak bekerja nanti tidak ada yang bisa menolong persalinan," tuturnya.

Baca Juga : TNI-Polri Dampingi Bidan Desa Tracing Warga, Putus Mata Rantai Covid-19

Sebelumnya diberitakan, Ibu hamil 9 bulan berinisial E diduga dilecehkan secara verbal oleh oknum bidan di salah satu puskesmas di Tambora, Jakarta Barat. Oknum tersebut mengatakan si ibu dengan sebutan jorse atau jorok sekali.

Saudara ibu hamil berinisial S menceritakan peristiwa tidak mengenakkan itu terjadi pada Jumat 1 Oktober 2021, E saat itu datang sendirian ke puskesmas untuk melakukan persalinan. "Dia menceritakan keadaan dia yang sudah berlendir dan bercak seperti tanda lahir ke bidan puskesmas tersebut," tutur S, Kamis 7 Oktober 2021.

Kemudian, salah satu bidan menanyakan keberadaan suami E. Namun, E tidak menjelaskan ihwal suaminya lalu menjawab akan menunggu teman-teman untuk datang menemani.

"Bidan langsung sangat marah dan jutek serta bernada ketus seperti menyerang saudara saya," kata S.

Akhirnya, bidan menyarankan E dirujuk ke rumah sakit lantaran tensinya tinggi. Saat sedang mengecek kandungan, bidan juga mengatakan keputihan yang dialami E sangat banyak.

"Ada salah satu bidan di sana entah siapa menjawab ih jorse (jorok sekali). Pantaskah? Menurut saya sangat-sangat tidak beretika seorang nakes berbicara seperti ini," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini