Pangdam Jaya Resmikan Markas Brigkav 1 Limpung Alugoro di Tangsel

Hambali, Okezone · Kamis 14 Oktober 2021 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 338 2486337 pangdam-jaya-resmikan-markas-brigkav-1-limpung-alugoro-di-tangsel-ckH8wN1F5L.jpg Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji resmikan markas Brigade Kavaleri 1/Limpung Alugoro di Tangsel (Foto: Hambali)

TANGSEL - Markas Brigade Kavaleri 1/Limpung Alugoro diresmikan di Jalan Rawa Kutuk, Pondok Jagung, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, Kamis (14/10/21). Peresmian dilakukan Panglima Daerah Militer (Pangdam) Jaya, Mayjen TNI Mulyo Aji.

Dia mengatakan, peresmian itu melengkapi kekuatan pendukung yang dimiliki Kodam Jaya. "Hari ini kami melaksanakan peresmian penggunaan markas Brigade Kavaleri 1 Limpung Alugoro," jelasnya.

Baca Juga:  Satgas Yonif RK 751/VJS Bangun Pondok Peresmian Gereja di Trimuris Mamberamo Raya

Dengan peresmian markas itu, maka saat ini Kodam Jaya memiliki 1 Brigade Kavaleri, 1 Brigade Infanteri, 1 Resimen Anti Pertahanan Udara beserta satuan pendukungnya.

"Jadi dengan adanya penambahan Brigkav Limpung Alugoro ini, maka kekuatan dan kemampuan Kodam Jaya Insya Allah dapat lebih optimal dalam mendukung keamanan ibu kota," katanya.

Sementara itu, Komandan Brigkav 1/ Limpung Alugoro, Kolonel Kav Agus Waluyo, menjelaskan, markas Brigkav 1 Limpung Alugoro membawahi 2 batalion, yakni Batalion Kavaleri (Yonkav) 7 dan Yonkav 9.

"Maka satuan Yonkav 7 yang mana dulu langsung ada di bawah komando dari Kodam Jaya, kemudian Yonkav 9 yang ada di sekitar Tangerang yang berada di bawah Pam Ibu Kota, maka semuanya dengan adanya pembentukan Brigkav ini maka 2 batalion tersebut divalidasi menjadi di bawah Brigade Kavaleri," terangnya.

Baca Juga:  Kekuatan Militer Indonesia Posisi Ke-16 di Dunia

Markas Brigkav 1/ Limpung Alugoro ini ditempati oleh 316 personil. Terdiri atas perwira staf, badan pelaksana, satuan Denma serta satuan pendukung seperti kompi perhubungan dan kompi pemeliharaan.

"Di sini hanya untuk kompi pendukung saja. Kita sebagai unsur operasional pendukung dari kesatuan-kesatuan manuver yang ada di bawah kami," tandasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini