Kapolresta Tangerang Tegaskan Tak Ada Mahasiswa yang Ditahan

Isty Maulidya, Okezone · Kamis 14 Oktober 2021 21:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 338 2486515 kapolresta-tangerang-tegaskan-tak-ada-mahasiswa-yang-ditahan-pHRHDG7Pcq.jpg Kapolresta Tangerang Kombes Wahyu Sri Bintoro (Foto: Antara)

TANGERANG - Sebanyak 18 mahasiswa yang terlibat aksi demonstrasi di kawasan Puspemkab Tangerang, Tigaraksa pada Rabu 13 Oktober 2021 sempat diamankan oleh polisi sesaat setelah aksi bentrok dengan pecah.

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro mengungkapkan bahwa para mahasiswa tersebut sudah dipulangkan. Meskipun sempat ditahan, mereka langsung dipulangkan begitu alumni dari Himata datang menjemput.

"Mahasiswa tidak ada yang ditahan, tadi malam sudah dipulangkan kepada Himata pusat, alumni Himata sudah datang ke Polres dan membantu aparat kepolisian dan meredam aksi," ujar Kapolres pada Kamis (14/10/2021).

Baca Juga:  Brigadir NP Banting Mahasiswa, Mabes Polri: Tidak Sesuai SOP Tangani Unjuk Rasa

Sebelum dipulangkan, para mahasiswa itu juga sempat menjalani tes urine dan tes swab antigen. Selain itu, mereka juga diperiksa terkait kronologis kejadian hingga akhirnya terjadi aksi kekerasan oleh aparat.

"Kemudian, kepada mahasiswa yang ktia sudah amankan kita sudah lakukan test swab antigen dan juga kita sudah test urine ada tiga yang perlu kita dalami lagi dan akan kita informasikan lebih lanjut," ujarnya.

Adapun pihak Polresta Tangerang menyerahkan polisi yang melakukan tindak kekerasan untuk diperiksa kepada Propam Mabes Polri. Nantinya sanksi yang diberikan kepada pelaku menunggu putusan dari Propam.

"Ada dari perwira pengendali sedang dalam pemeriksaan, dan juga beberapa orang yang ikut melakukan kegiatan pengamananan akan juga kita lakukan pemeriksaan. Jadi kita serahkan kepada bid propam mabes polri khususnya biro paminal," lanjutnya

Baca Juga:  Komnas HAM Sebut Oknum Polisi Banting Mahasiswa Berpotensi Langgar HAM

Sebelumnya diketahui bahwa aksi unjuk rasa mahasiswa pada HUT ke-389 Kabupaten Tangerang diwarnai bentrokan dengan polisi. Salah satu oknum polisi bahkan terekam kamera membanting salah satu peserta aksi hingga mengalami kejang.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini