Bos Aktual TV Ditangkap, Sebarkan 765 Konten Provokatif Penghasilannya Rp2 Miliar

Erfan Maaruf, iNews · Jum'at 15 Oktober 2021 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 338 2486838 bos-aktual-tv-ditangkap-sebarkan-765-konten-provokatif-penghasilannya-rp2-miliar-PoqJstSuOl.jpg Kapolres Jakpus Kombes Hengki Haryadi (Foto: Sindonews)

JAKARTA - Tiga orang tersangka pengelola akun kanal YouTube Aktual TV ditangkap kasus penyebaran berita bohong yang melanggar Undang-Undang Informasi Transaksi dan Elektronik. Ada 765 konten yang menimbulkan konflik. 

Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan, dari hasil patroli siber polisi akun YouTube Aktual TV yang mengancam kericuhan. Polisi menyebut akun para tersangka mengadu domba untuk mencari keuntungan.

"Ada sebanyak 765 konten yang dapat menimbulkan keonaran," kata Hengki di Polda Metro Jaya, Jumat (16/10/2021).

Baca Juga: Diduga Sebar Hoaks, Direktur TV Swasta Ditangkap Polisi

Lebih lanjut dia mengatakan, isi konten yang dibuat oleh akun YouTube Aktual TV mengisi konten tersebut untuk mencari keuntungan. Diperkirakan hasil akun YouTube tersebut mencapai Rp2 Miliar.

"1,8-2 miliar. Ini adalah adu domba di era modern," jelasnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, tiga orang tersangka yang telah ditangkap adalah AZ, M dan AF pada bulan Agustus 2021.

Baca Juga: Sebarkan Hoaks, Ini Sosok Direktur Televisi Swasta yang Ditangkap Polisi 

Tersangka AZ merupakan pemilik channel TV yang menyortir konten yang ada di Aktual TV, kemudian tersangka kedua M mengedit, mengupload. Kemudian, tersangka AF pengisi suara di konten yang ada di kanal YouTube Aktual TV.

"Dia memproduksi berita bohong melalui berita bohong melalui kanal YouTube ke semua platform Instagram, FB dan lain-lain," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini