Kecelakaan Beruntun di Tol Tangerang-Merak, 1 Orang Tewas dan 19 Terluka

Teguh Mahardika, Koran SI · Sabtu 16 Oktober 2021 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 16 338 2487267 kecelakaan-beruntun-di-tol-tangerang-merak-1-orang-tewas-dan-19-terluka-rsEVgcf0t8.jpg Illustrasi Kecelakaan di tol (foto: ist)

SERANG - Bus Rombongan yang akan melaksanakan wisata religi ke kawasan Banten Lama mengalami kecelakaan beruntun di jalan Tol Tangerang - Merak KM 68, Tepatnya di Bogeg, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Sabtu (16/10/2021).

Akibat kecelakaan tersebut, satu orang meninggal dunia dan 19 orang mengalami luka ringan parah. Untuk Korban jiwa yakni bernama Haji Boto, dan sekitar 13 orang mengalami luka berat dan ringan, saat ini dibawa di RS Sari Asih Kota Serang untuk memperoleh perawatan.

Supir Bus Komara, Ismail Firdaus mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada pukul 08.30 WIB. Saat kejadian sebanyak 10 bus dari PO Komara mengangkut rombongan dari Legok Pinang, Tangerang yang akan melaksanakan Ziarah Makam ke Banten Lama dengan pengawalan Patwal melaju di jalan tol Tangerang - Merak.

Baca juga:  Tekan Angka Fatalitas, Jasa Raharja Beri Pelatihan Penanganan Gawat Darurat di Jalur Rawan Laka

Saat berada di KM 68 tepatnya dekat dengan Rest Area Bogeg, keluar dari Truk Bak Terbuka daru Rest Area dan masuk jalur kanan sehingga memotong rangkaian rombongan setelah bus tiga.

Kemudian bus keempat langsung mengerem mendadak mengakibatkan tiga bus mengalami tabrakan beruntun (Bus ke 3, 4, dan 5). Bahkan truk bak terbuka yang memotong jalur melarikan diri.

 Baca juga: 2 Anggota Brimob Polda Kalsel Tewas Kecelakaan saat Patroli di Mimika

Sementara itu, Direktur Lalulintas Polda Banten, Kombes Rudy Purnomo mengatakan kecelakaan beruntun melibatkan 4 kendaraan bus pariwisata PO Komara

"Satu penumpang meninggal dunia, sedangkan 19 penumpang mengalami luka-luka. Penyebab kecelakan masih diselidiki petugas Sie Lakalantas Polda Banten," ungkap Rudy Purnomo.

Sebelum mengalami musibah, 4 bus pariwisata meluncur beriringan dari arah Tangerang pada lajut cepat. Entah karena apa, setiba di lokasi bus A 7516 ZM yang dikemudikan Saprudin (43), mengurangi kecepatan sehingga dirabrak bus A 7517 ZM yang dikemudikan Andi Supriadi (43).

Karena tidak menjaga jarak dua kendaraan bus yang ada dibelakang yaitu A 7535 ZA dan A 7516 ZA turut saling bertabrakan. Dua kendaraan bus yang berada ditengah rusak berak pada bagian depan dan belakang.

"Dalam musibah itu, pengemudi kendaraan bus A 7535 ZA atas nama H Sunoto warga Kampung Tonjong, Desa Ranca Ilat, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang meninggal dunia," terang Dirlantas.

Menurut Rudy Purnomo, kondisi H Sunoto meninggal dunia karena terjepit bagian kendaraan. Para korban baik yang meninggal dunia langsung dievakuasi petugas PT Marga Mandalasakti bersama PJR Korlantas.

"Untuk penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan namun diduga para pengumudi bus PO Komara ini tidak dalam posisi jarak yang aman sehingga tidak dapat menghindar satu sama lainnya dari kecelakaan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini