TMMD 112 Depok Berakhir, Bedah Rumah hingga Pengecoran Jalan Tuntas 100%

Erfan Maaruf, iNews · Senin 18 Oktober 2021 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 338 2487888 tmmd-112-depok-berakhir-bedah-rumah-hingga-pengecoran-jalan-tuntas-100-bpkz41afXl.jpg TMMD di Depok berjalan sukses (Foto: MPI/Erfan)

DEPOK - Raut wajah Halimah (75) sumringah. Matanya berbinar memandangi rupa depan rumahnya yang baru selesai direnovasi dalam Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 tahun 2021.

Perempuan warga RT 01/RW 05 Kampung Pulo, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok itu tak henti-hentinya mengucap syukur dan terima kasih kepada para prajurit TNI yang sebulan terakhir ngebut “membedah” tempat tinggalnya hingga kini menjadi layak huni.

“Terima kasih banyak bapak-bapak. Sekarang saya bisa tinggal di rumah dengan lebih nyaman,” tuturnya pelan. Air mata haru membasahi pipi keriputnya.

Anak Halimah, Alil Murtamat  (45) menuntun sang ibu melihat-lihat setiap sudut rumah tembok berlantai keramik berukuran 3,5 x 12 meter persegi itu yang sebelumnya gubuk reyot dan nyaris rubuh. Rusak dan bocor di sana-sini.

“Alhamdulillah sekarang ibu saya bisa tenang tinggal di rumah yang lebih nyaman dan layak huni,” kata Alil. Dia menyampaikan terima kasih kepada TNI, Polri, Pemkot Depok dan masyarakat yang telah bahu-membahu membangun ulang rumah orangtuanya.

TMMD Depok

Dadang, (60) warga RT 05/07 Kampung Perigi, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, juga menyampaikan hal serupa. Rumah pria yang sehari-hari bekerja sebagai buruh itu juga direhabilitasi dalam Program TMMD ke-112. “Penghasilan saya tidak menentu. Karena itu saya tidak punya uang untuk memperbaiki rumah untuk keluarga saya. Untunglah ada Program TMMD,” ujarnya.

Rumah tetangga Dadang, Muhammad Wahyudi (52) tak luput dari kegiatan perbaikan. Penjaga Musala Darussaban itu mengungkapkan rasa syukur rumahnya yang berukuran 60 meter persegi bisa kembali layak untuk dihuni. “Terima kasih untuk Kodim 0508/Depok juga kepada Pemkot Depok,” tuturnya.

Rumah Halimah, Dadang, Wahyudi dan warga lain hanya sebagian target sasaran pembangunan fisik TMMD ke-112 tahun 2021 yang digelar di Kelurahan Pengasinan dan Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan. TMMD kali ini dibuka secara resmi pada 15 September 2021 oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris dan Komandan Kodim 0508/Depok Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj.

Selain merenovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Satuan Tugas (Satgas) di wilayah Kodim 0508/ Depok juga melakukan pengecoran dan memperbaiki drainase di Jalan Flamboyan di lingkungan RT 01/05, Kelurahan Pengasinan.

“Jalan di sini sebelumnya rusak berat dan sulit dilewati. Sudah bertahun-tahun seperti itu. Kini jalan sepanjang 260 meter ini sudah mulus dan nyaman untuk dilintasi,” ungkap Mukhtar, warga RT 02/05 Kelurahan Pengasinan.

Menurut dia, TMMD ke-112 dapat membangun kembali suasana gotong-royong antarwarga. “Masyarakat antusias terlibat membantu satgas memperbaiki lingkungan karena ini untuk kesejahteraan kami juga. Kaum ibu pun selalu menyediakan minuman dan makanan untuk personel satgas dan warga yang bekerja," katanya.

Saimah, warga RT 01/05 mengungkapkan, sebelum jalan dan saluran air diperbaiki, rumahnya selalu kebanjiran saat hujan besar. “Semoga setelah diperbaiki tidak banjir lagi. Terima kasih TNI, kami akan memelihara hasil pembangunan TMMD ke-112 ini," ujarnya.

Posyandu Flamboyan 1 yang melayani ibu dan anak di RT 02/05 Kampung Panggulan, Kelurahan Pengasinan juga mendapat sentuhan perbaikan dari Satgas.Atap rangka kayu diganti dengan baja ringan. Plafonnya diganti gypsum. Lantai pun diganti dengan keramik dan seluruh dinding dicat ulang. “Alhamdulillah, Posyandu Flamboyan terbangun dan semakin cantik. Semoga lebih baik lagi berkontribusi untuk masyarakat,” kata Ketua RT 02/05 Makmun Sohe.

TNI didukung Polri, Pemerintah Kota Depok dan masyarakat setempat pun menggelar beragam pembangunan sosial di lokasi TMMD ke-112/2021. Kepala Penerangan Kodam Jaya Kolonel Arh Herwin Budi Saputra menyatakan, para prajurit rutin memfasilitasi penyuluhan kepada masyarakat terkait kesehatan lingkungan, keluarga berencana, RW layak anak, wawasan kebangsaan, tertib lalu lintas, bahaya radikalisme, bahaya narkoba dan kenakalan remaja, kerukunan keberagaman, hingga cara beternak.

“Kita menghadirkan narasumber yang kompeten untuk menambah wawasan, sudut pandang dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat di Kelurahan Bedahan dan Kelurahan Pengasinan,” terangnya.

Program TMMD ke-112 sukses tuntas 100% pada waktunya yakni 14 Oktober 2021. Herwin menjelaskan, TMMD adalah bentuk komitmen nyata TNI dalam membantu dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “TNI menjadi pelaksana utama pembangunan fisik dan non-fisik. Bentuk manivestasi TMMD adalah menyejahterakan masyarakat dan memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat. Salah satu kewajiban utama prajurit TNI adalah membantu kesulitan rakyat,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini