3 Jurus Jitu Anies Hadapi Musim Penghujan

Jonathan Nalom, MNC Media · Senin 18 Oktober 2021 22:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 338 2488290 3-jurus-jitu-anies-hadapi-musim-penghujan-hEw2oDWM9P.jpg Gubernur DKI Anies Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Hampir seluruh wilayah di DKI Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi, pada Senin (18/10/2021).

(Baca juga: BMKG Perkirakan Beberapa Kota Akan Diguyur Hujan Deras Disertai Petir)

Mengantisipasi dampak hujan deras,  Gubernur DKI Anies Baswedan pun membeberkan tiga jurus jitu menghadapi dampak musim penghujan.

“Ada tiga kata kunci utama yang menjadi prinsip bagi seluruh petugas dan relawan untuk menghadapi musim hujan, yaitu Siaga, Tanggap dan Galang,” kata Anies Baswedan dalam unggahan instagram pribadinya.

Pihaknya telah menyiagakan seluruh jajaran Forkopimda DKI Jakarta dengan menggelar apel pada Rabu (13/10). Hal ini untuk memastikan kesiapan personil gabungan yang akan merangkul dari unsur pemerintah, TNI,Polri, lembaga usaha dan organisasi pegiat kebencanaan.

(Baca juga: Anies: Hilangkan Kumuhnya, Bukan Kampungnya!)

“Kami mengajak kepada seluruh masyarakat Jakarta untuk mengantisipasi tentang potensi curah hujan,” tuturnya.

“Ayo kita menjaga kebersihan lingkungan, bekerja bakti bersama membersihkan saluran air dan bijak membuang sampah di tempat sampah,” sambungnya.

Selain itu, Anies menambahkan, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan revitalisasi waduk dan pompa,program gerebek lumpur di 5 (lima) wilayah kota administrasi. Optimalisasi aplikasi JAKI sebagai kanal pelaporan masyarakat, penggunaan portal Pantau Banjir sebagai media penginformasian banjir pun telah dikembangkan.

Mantan Mendikbud itu juga menyatakan bahwa seluruh 267 kelurahan yang ada di DKI Jakarta telah dilengkapi dengan alat ukur curah hujan. Sehingga pihaknya tahu persis pemetaan dampak pada saat ini kondisi hujan seperti apa.

“Ini merupakan wujud nyata kolaborasi yang akan menjadi kunci utama dalam kesiapsiagaan menghadapi musim hujan,” ujarnya lagi.

Oleh karena itu, dia meminta semua pihak berkolaborasi. “Semoga ikhtiar kita berkolaborasi bersama dapat meminimalisir dampak musim hujan,” tutup Anies.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini