Modus Pinjol Ilegal Hindari Polisi, Karyawannya Disuruh WFH

Erfan Maaruf, iNews · Selasa 19 Oktober 2021 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 338 2488439 modus-pinjol-ilegal-hindari-polisi-karyawannya-disuruh-wfh-viKKFpAR9E.jpg Penggerebekan kantor pinjol di Kepala Gading. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Polisi tengah gencar melakukan penggerebekan perusahaan pinjaman online (pinjol) ilegal yang kerap meresahkan masyarakat. Langkah cepat salah satunya dilakukan jajaran Polda Metro Jaya.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya dalam sepekan telah melakukan penggerebekan di Green Lake City Tangerang pada Kamis (14/10/2021) dan di sebuah ruko di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Senin (18/10/2021) malam.

Dirkrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Auliansyah Lubis menerangkan, pada penggerebekan kantor pinjol di Kelapa Gading, pihaknya hanya menemukan sedikit karyawan yang bekerja di kantor.

Dia menduga, pemilik perusahaan pinjol sudah mengantisipasi adanya penggerebekan sehingga menerapkan sistem work from home (WFH).

Baca juga: Polda Metro Kembali Gerebek Kantor Pinjol, Kali Ini di Kelapa Gading

"Saya bertanya ke supervisor kapan mereka melangsungkan WFH, dan dijawab hari ini. Jadi menurut saya karena kemarin kita melakukan penggerebekan di beberapa tempat, makanya mereka memutuskan untuk WFH," ujar Aulia kepada wartawan, Selasa (19/10/2021).

Tidak hanya itu, pihaknya juga menemukan percakapan antara karyawan yang saling berkoordinasi untuk menyamarkan perusahaan pinjol sebagai perusahaan ekspedisi.

"Tadi juga sempat kita lihat ada Whatsapp dari rekannya bahwa tidak apa-apa, untuk menyampaikan bahwa perusahaan ini perusahaan ekspedisi," imbuhnya.

Dalam penggerebekan ini, terdapat empat orang karyawan yang diamankan. Keempatnya dibawa ke Polda Metro Jaya untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sementara untuk pemilik perusahaan, sampai dengan saat ini masih terus diburu polisi.

"Mereka (karyawan) kalau tidak kooperatif atau tidak datang ya berarti kita akan ambil (tangkap) khususnya yang bekerja di bagian penagihan," pungkas Aulia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini