Bogor Diguyur Hujan, 4 Lokasi Dilanda Bencana

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 19 Oktober 2021 19:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 338 2488772 bogor-diguyur-hujan-4-lokasi-dilanda-bencana-Jgy4M8EpTN.jpg Banjir di Kota Bogor (foto: istimewa)

BOGOR - Hujan yang mengguyur wilayah Kota Bogor sore tadi membuat sejumlah titik dilanda bencana. Tercatat, ada 4 titik bencana yang terjadi mulai dari tanah longsor, pohon tumbang dan banjir lintasan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas mengatakan untuk bencana tanah longsor terjadi di dua wilayah. Yakni di wilayah Kampung Munjul, RT05 RW05, Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal dan Kampung Kalimurni, RT03 RW01, Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal.

Baca juga:  BNPB: 3.084 Jiwa Terdampak Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Luwu Sulsel

Untuk di Kampung Munjul, tanah longsor terjadi dengan panjang 5 meter dan tinggi 3 meter. Material longsor itu menimpa bagian dapur rumah warga atas nama Komar yang diisi 1 KK dengan 4 jiwa.

"Korban jiwa atau luka nihil. Assessment dan pemberian terpal sudah selesai dilakukan oleh personil TRC-PB BPBD Kota Bogor di lokasi kejadian," kata Teo dalam keterangannya, Selasa (19/10/2021).

Baca juga:  Catatan BMKG: Terjadi 805 Kali Gempa Bumi Sepanjang September 2021

Kemudian, di Kampung Kalimurni longsor terjadi dengan panjang 7 meter dan tinggi 3 meter. Longsor itu menjebol dinding rumah warga bagian kamar dan dapur milik Eneng yang dihuni 1 KK dengan 3 jiwa.

"Dampaknya juga membuat material longsoran menutupi akses ke dalam kamar dan dapur. Longsoran juga mengakibatkan rumah milik Ibu Salbiah menjadi menggantung. Korban juga nihil dan assesment telah dilakukan," jelas Teo.

Selanjutnya, lanjut Teo, kejadian pohon tumbang juga terjadi di Kampung Munjul, RT05 RW05, Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal. Pohon dengan tinggi 5 meter dan diameter 30 centimeter itu menimpa atap rumah bagian ruang tamu milik Hamzah yang diisi 1KK dengan 4 jiwa.

"Pohon tumbang terjadi akibat hujan dengan intensitas deras yang mengguyur wilayah tersebut. Untuk korban juga tidak ada," tambahnya.

Terakhir, banjir lintasan terjadi di wilayah yang sama yang disebabkan meluapnya aliran air Kali Cibadak. Akibatnya, dua rumah warga yang berada di sekitar lokasi sempat terendam air setinggi 30 centimeter.

"Assessment sudah selesai dilakukan oleh personil TRC-PB BPBD Kota Bogor di lokasi kejadian. Air yang masuk ke dalam rumah saat ini sudah surut," tutup Teo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini