Aipda Ambarita Geledah Paksa Ponsel Warga, Kompolnas: Itu Keliru!

Ari Sandita Murti, Sindonews · Rabu 20 Oktober 2021 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 20 338 2489073 aipda-ambarita-geledah-paksa-ponsel-warga-kompolnas-itu-keliru-wmPpa3dQ4D.jpg Aipda Ambarita (Foto: istimewa)

JAKARTA - Kompolnas menyatakan tindakan Aipda Monang Parlindungan Ambarita memaksa menggeledah dan memeriksa handphone milik warga merupakan tindakan keliru. Aksi Aipda Ambarita itu pun viral di media sosial (medsos).

"Tindakan anggota kepolisian yang langsung ambil handphone milik orang lain tanpa ada dasar hukum dan surat perintah itu keliru," ujar Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti saat dikonfirmasi, Rabu (20/10/2021).

Menurutnya, pemeriksaan ponsel seseorang harus sesuai dengan prosedur lantaran dalam KUHAP diatur tentang penyitaan barang yang diduga berkaitan dengan kejahatan harus seizin pengadilan.

Sehingga, pemeriksaan juga harus ada surat perintah dan tak boleh asal mengambil barang saja.

Baca juga: Fakta-Fakta Aipda Ambarita, Sempat Gagal Tes Akabri hingga Pimpin Raimas Backbone

Kepolisian, kata dia, juga harus menindak lanjuti video viral tersebut dan korban pun diminta untuk melaporkannya ke Propam Polda Metro Jaya agar bisa dilakukan pemeriksaan.

Poengky mengatakan bahwa polisi diminta berhati-hati saat bertugas dan tetap mengedepankan profesionalitas, menjaga sopan santun, dan tidak menunjukkan arogansi.

Baca juga: Jacklyn Chooper dan Ambarita Dimutasi ke Humas Polda Metro karena Punya Banyak Followers

"Polisi itu tugasnya melayani, mengayomi, melindungi masyarakat dan menegakkan hukum guna mewujudkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas)," katanya.

Ia menambahkan, Polri tidak hanya diawasi pengawas internal dan eksternal seperti Kompolnas, tetapi juga masyarakat sehingga tindakan polisi yang arogan dan represif bisa terekam dan diunggah ke media sosial lalu diviralkan. Saat ada pelanggaran, nama baik institusi pun dipertaruhkan.

Baca juga: 4 Fakta Aipda Ambarita Dimutasi Gegara Periksa Paksa Ponsel Warga

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini