Dramatis! Begini Evakuasi Sarang Tawon Vespa Affinis dari Lantai 3 Rumah Warga Duren Sawit

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Jum'at 22 Oktober 2021 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 338 2489903 dramatis-begini-evakuasi-sarang-tawon-vespa-affinis-dari-lantai-3-rumah-warga-duren-sawit-yExteWFWlR.jpg Evakuasi sarang tawon. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur mengevakuasi sarang tawon dari atas plafon genteng rumah warga di Jalan Madrasah II, Duren Sawit, Jakarta Timur pada Kamis (21/10/2021) sore. Evakuasi itu berjalan dramatis lantaran untuk mencapai sarang tawon petugas harus naik ke atap di lantai tiga.

Kepala Regu Rescue Damkar Sektor Duren Sawit l, Nur Ali Hidayat mengatakan, keberadaan sarang tawon berukuran sekitar 40 sentimeter itu membuat resah warga. 

"Lokasi sarang tawonnya itu sendiri berada di lantai tiga dan sempit. Sarangnya itu ada didekat pemanas air. Karana susah dijangkau pemilik rumah meminta bantuan," ujarnya di Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (21/10/2021).

Menurutnya, tawon yang bersarang di lantai tiga rumah warga ini adalah jenis Vespa Affinis. Jika dibiarkan berkembang biak tawon jenis ini berbahaya dan mampu mematikan manusia dalam waktu singkat. 

Baca juga: Panjat Tembok, Damkar DKI Bakar Sarang Tawon Berukuran Jumbo

"Kalau dilihat dari sarangnya sudah enam bulan kurang lebih dan sudah beranak pinak, populasinya juga sudah banyak," ucapnya.

Nur Ali menuturkan, dalam mengevakuasi sarang tawon sebesar buah labu itu pihaknya menerjunkan satu unit mobil light rescue beserta lima personel.

"Sebelum kita evakuasi sarang tawon kita semprot menggunakan cairan bahan bakar agar tawon yang berada didalam bisa keluar. Kemudian kita menggunakan baju pelindung untuk mengindari sengatan tawon," tuturnya.

Setelah berhasil dievakuasi, sarang tawon dibawa petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan Jakarta Timur untuk dimusnahkan.

"Untuk pelayanan Damkar DKI Jakarta silahkan masyarakat dapat menghubungi call center di 112 atau di WA 0811-9197-113. Pelayanan kami tidak dipungut biaya," imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini