Catat! 15 Taman Kota di Jakpus Dibuka Besok

Antara, · Jum'at 22 Oktober 2021 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 338 2490229 catat-15-taman-kota-di-jakpus-dibuka-besok-8apk7t2GRf.jpg Lapangan Banteng (Foto: Panoramio)

JAKARTA - Sejumlah ruang terbuka hijau (RTH) dan taman kota di Jakarta Pusat (Jakpus) seperti Lapangan Banteng dan Taman Menteng mulai buka sejak Sabtu 23 Oktober 2021, seiring dengan penyesuaian aturan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level dua di Ibu Kota.

"Sudah terbit SK (surat keputusan) kepala dinas. Jadi, mulai Sabtu 23 Oktober, ruang terbuka hijau sudah dibuka. Di Jakarta Pusat, ada 15 lokasi," kata Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakpus Mila Ananda, Jumat (22/10/2021).

Ia menjelaskan ada 15 lokasi RTH itu berdasarkan SK Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta.

Ia merinci, 15 RTH itu yakni Lapangan Banteng, Taman Menteng, Taman Situlembang, Taman Surapati, Taman Sumenep Promenade, Taman Setara Tanamur, FO Slipi Skatepark, Taman Pramuka, Taman Jembatan Serong.

Baca juga: Duh! Fasilitas Bermain di Taman Gajah Jadi Sasaran Vandalisme

Kemudian, Taman Cilacap Menteng, Taman Lawang, Taman Dr. Wahidin Sawah Besar, Taman Diponegoro Senen, Taman Kaca Piring dan Taman Ternate.

Ia menyebut, dari 103 RTH yang dikelola Pemerintah Kota Jakarta Pusat, hanya 15 di antaranya yang dibuka untuk diakses publik.

Baca juga: 55 Taman Wisata dan Hutan Kota di Jakarta Dibuka Selama PPKM

"Kami pikir di lokasi-lokasi tersebut kendalinya lebih mudah. Kami juga sudah koordinasi ke lingkungan sekitar, seperti kelurahan agar mereka membantu pengawasannya," kata Mila.

Lokasi pembukaan RTH tersebut juga dipastikan berada dalam zona hijau, mengingat Kota Jakarta Pusat kini sudah tidak ada lagi zona merah maupun kuning.

Dalam SK Nomor 263 Tahun 2021 tentang Pemanfaatan RTH pada PPKM level dua, disebutkan bahwa kapasitas taman yang dibuka maksimal 25 persen dari pengunjung harian normal.

Anak-anak berusia di bawah 12 tahun ke bawah diperbolehkan untuk masuk ke taman dengan pengawasan ketat dari orang tua. RTH mulai dibuka pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

Meskipun hanya beberapa taman yang didukung pengawasan Pengamanan Dalam (Pamdal) dan PJLP Pemeliharaan, masyarakat diharapkan menyadari terkait protokol kesehatan di RTH dan taman kota, sehingga gelombang ketiga Covid-19 dapat dihindari.

Baca juga: PPKM Level 2, 6 Taman di Jakbar Segera Dibuka

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini