Anies Dorong Koperasi Kelola Perekonomian di Kampung Susun

Komaruddin Bagja, Sindonews · Sabtu 23 Oktober 2021 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 338 2490429 anies-dorong-koperasi-kelola-perekonomian-di-kampung-susun-ZgS5lfp8YE.jpg Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Dalam kegiatan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Tahun 2021, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan menyambut baik adanya penyegaran baru yang terjadi di tubuh organisasi tersebut, khususnya untuk pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi. 

"Kita ucapkan selamat atas kepengurusan yang baru saja dilantik dan dikukuhkan untuk periode 2019-2024. Insya Allah sukses dalam menjalankan amanatnya. Dan kita berharap nanti proses recovery ekonomi tumbuh cepat, dan koperasi tumbuh lebih cepat lagi, selepas masa pandemi ini," ujar Gubernur Anies di Hotel Century Senayan, Jakarta Pusat, pada Jumat (22/10/2021). 

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Anies juga menilai peran Dekopin dalam mengembangkan fungsi koperasi sangat vital. Terutama untuk kawasan perdesaan (rural) yang mempunyai kegiatan utama pertanian, termasuk pengelolaan sumber kekuatan alam dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat permukiman pedesaan.

Baca juga: Peringati Hari Santri Nasional, Anies Cerita Perjuangan KH Hasyim Asy'ari

"Sementara kami di Jakarta, sedang mendorong koperasi untuk mengelola dan mengatur kegiatan perekonomian yang ada di setiap Kampung Susun di Jakarta. Hal ini karena biasanya koperasi dianggap sukses di daerah rural, maka di daerah perkotaan ini akan kita lakukan contoh bahwa koperasi juga punya peran di Jakarta," kata Gubernur Anies.

Gubernur Anies juga menjelaskan, bahwa koperasi di setiap Kampung Susun tersebut anggotanya akan terdiri dari seluruh penghuni. Hal ini bisa dicontohkan dengan keberadaan Koperasi Akuarium Bangkit Mandiri, di mana mereka diberi kepercayaan dalam urusan pengelolaan secara penuh.

"Intinya, bangunannya tetap milik Pemprov DKI, tapi kami tidak berurusan dengan masing-masing rumah. Kami hanya berurusan dengan koperasi yang anggotanya seluruh penghuni rumah susun," jelas Gubernur Anies.

"Hal ini karena mereka yang mengurus semuanya, dari memastikan iuran soal listrik, kebersihan, air bersih dan lainnya. Sehingga mereka hidup sebagai komunitas, dan itulah contoh nyata bahwa koperasi bisa berperan penting di kawasan urban," pungkas Gubernur Anies.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini