Cegah Genangan Saat Hujan, 4.396 Titik Tali Air di Jakarta Pusat Telah Dibersihkan dan Diperbaiki

Indra Purnomo, MNC Portal · Sabtu 23 Oktober 2021 08:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 23 338 2490484 cegah-genangan-saat-hujan-4-396-titik-tali-air-di-jakarta-pusat-telah-dibersihkan-dan-diperbaiki-JFdkq9aaQD.jpg Sudin Bina Marga Jakarta telah membersihkan 4.396 titik mulut air dan tali air (Foto: Laman resmi PPID DKI Jakarta)

JAKARTA - Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Jakarta Pusat telah memperbaiki dan membersihkan sebanyak 4.396 titik mulut air dan tali air terhitung sejak Januari hingga Oktober 2021. Dengan kegiatan tersebut diharapkan bisa mempercepat aliran air menuju saluran air sehingga bisa mencegah timbulnya genangan saat hujan deras.

Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Sudin Bina Marga Jakarta Pusat, Yudha Catur Suhartanto mengatakan, ribuan titik mulut air dan tali air tersebut tersebar di 269 ruas jalan di delapan kecamatan yang ada di Jakarta Pusat.

"Kami lakukan perbaikan dan membersihkan mulut air dan tali air menindaklanjuti hasil monitoring lapangan petugas maupun lapora dari masyarakat," ujar Yudha, Jumat (22/10/2021).

Baca juga: Cegah Genangan Air, Sudin Bina Marga Jakpus Bikin Gutter Jalan

Menurut Yudha, endapan tanah, sampah plastik, botol air mineral dan daun kering banyak ditemukan berada di dalam mulut air. Hal tersebut yang menyebabkan penyumbatan pada mulut air dan tali air. Oleh karena itu, pembersihan mulut air dan tali air masih terus dilakukan terlebih saat ini sudah mulai memasuki musim hujan.

Baca juga: Cegah Drainase Tersumbat, 92.317 Titik Tali Air di Jakarta Dibersihkan

"Kerusakan tali air dan mulut air umumnya karena faktor usia. Perbaikan masih akan terus dilakukan karena masih ada 500 titik lagi yang harus dikerjakan," tandas Yudha.

Teks foto:

Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Jakarta Pusat telah memperbaiki dan membersihkan sebanyak 4.396 titik mulut air dan tali air. Foto: laman resmi PPID DKI Jakarta

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini