Share

Ancol, Ragunan, dan TMII Terapkan Ganjil-Genap

Kevi Laras, MNC Portal · Minggu 24 Oktober 2021 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 338 2490830 ancol-ragunan-dan-tmii-terapkan-ganjil-genap-JOrgTmGpcY.jpg Taman Impian Jaya Ancol. (Okezone)

JAKARTA - Penerapan ganjil-genap (gage) di kawasan wisata mulai diberlakukan. Hal ini seiring menurunnya status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jakarta turun ke level 2.

Pada akhir pekan, aturan ganjil-genap di DKI Jakarta akan bertambah di tiga kawasan wisata. Salah satu kawasan wisata yang menerapkan sistem ganjil-genap adalah Taman Margasatwa Ragunan.

“Kami sudah bekerja sama dengan lintas bidang, ada Dinas Perhubungan dan kepolisian dan aparat-aparat terkait nanti akan memberikan atau men-screening di pintu masuk di jalan masuk Ragunan,” ujar Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang pada Sabtu (23/10/2021)

Sehubungan dengan itu, ia mengatakan pemberlakuan ganjil-genap diterapkan setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Sebagaimana diketahui, sebelumnya ganjil-genap pada Senin-Jumat berlaku di tiga ruas jalan, yakni Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin dan Jalan HR Rasun Said yang berlaku pada pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB.

Wahyu mengatakan, sistem ganjil genap berlaku mulai pukul 12.00 hingga pukul 18.00 WIB pada hari Jumat. Sementara itu, pada hari Sabtu dan Minggu berlaku mulai pukul 07.00 hingga pukul 14.30 WIB.

Baca Juga : Ganjil-Genap di Kawasan Wisata Juga Berlaku untuk Sepeda Motor

“Sesuai hari, Jumat ini tanggal berapa, misalnya besok tanggal 23 berarti yang boleh masuk kendaraaan yang ganjil, ini contoh ya,” ucap Wahyudi.

Penentuan sistem ganjil-genap mengacu kepada nomor pelat terakhir. Wahyudi meminta, masyarakat untuk mengecek kesesuaian pelat nomor dan hari kunjungan. Sementara itu, aturan ganjil-genap di kawasan wisata hanya diperuntukkan untuk kendaraan roda empat, sedangkan untuk roda dua dipastikan masih bisa melintas di jalan-jalan yang ditentukan terkena sistem ganjil genap.

Seperti diketahui, Dinas Perhubungan DKI Jakarta memberlakukan sistem ganjil genap di tempat wisata yaitu Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Taman Margasatwa Ragunan. Penerapan ganjil genap ini berlaku sejak Jumat (22/10) pukul 12.00 WIB sampai Minggu pukul 18.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini