Tinjau Vaksinasi Covid-19 untuk Komorbid, Pangdam Jaya: Target 2.000, yang Datang 4.000

Riezky Maulana, iNews · Minggu 24 Oktober 2021 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 338 2490887 tinjau-vaksinasi-covid-19-untuk-komorbid-pangdam-jaya-target-2-000-yang-datang-4-000-PkGejxioVH.jpg Pangdam Jaya Mayjen Mulyo Aji. (Foto : MNC Portal Indonesia/Riezky Maulana)

JAKARTA - Panglima Kodam Jaya, Mayjen TNI Mulyo Aji, meninjau vaksinasi Covid-19 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (24/10/2022). Vaksinasi dikhususkan bagi masyarakat dengan karakteristik tertentu, seperti pengidap komormid, ibu hamil, lansia, pasien kanker, dan anak-anak.

Mulyo menjelaskan, kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan beberapa pihak, yaitu Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (Peraboi), Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Puskesad), Walubi, dan Dinkes Pemprov DKI Jakarta.

"Kodam Jaya Jayakarta bersama IDI, Walubi, Peraboi, kemudian Pusat Kesehatan Angkatan Darat, dan Dinkes DKI Jakarta hari ini melakukan kegiatan vaksinasi yang dikhususkan bagi mereka yang menderita penyakit penyerta atau komorbid," tutur Mulyo di lokasi.

Selain vaksinasi, di lokasi terdapat gerai telemedicine bagi mereka yang membutuhkan konsultasi apakah penderita boleh ikut vaksinasi atau tidak. Dia mengatakan, tenaga kesehatan (nakes) yang dikerahkan untuk telemedicine terdiri atas berbagai keahlian.

"Keunikan hari ini adalah kita melaksanakan kegiatan di JIExpo menerima konsultasi wawancara langsung. Bagi yang tidak ada di JIExpo kita melaksanakan kegiatan secara online yang akan dilayani oleh ahli-ahli seperti jantung, paru, ginjal, dan lainnya," katanya.

Mulyo melanjutkan, antusiasme masyarakat terhadap kegiatan ini cukup tinggi. Hal itu dibuktikan dari jumlah masyarakat yang hadir melebihi target.

Baca Juga : Ikuti Vaksinasi Partai Perindo di Lido Bogor, Warga : Prosesnya Tertib dan Lancar

"Tadinya kita rencanakan 2.000 dosis. Tetapi ternyata ini yang datang ke sini saja sudah tercatat 4.000 lebih," ucapnya.

Berdasarkan pantauan MNC Portal di lokasi, warga dari wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya berduyun-duyun dayang ke JIExpo Kemayoran Hall C untuk mengikuti vaksinasi.

Para lansia terlihat didampingi langsung oleh sanak keluarga untuk mendapatkan dosis vaksin. Terlihat pula para lansia didorong menggunakan kursi roda untuk memudahkan mobilitas mereka di lokasi.

Tak jarang, para Babinsa membantu lansia untuk menuju gerai pendaftaran. Adapun jenis vaksin yang digunakan adalah Pfizer dan Sinovac.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini